Find Us On Social Media :

Healthy Move, Peregangan 30 Menit Untuk Menurunkan Hipertensi

Lakukan peregangan setiap hari untuk menurukan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

GridHEALTH.id - Hipertensi, yang ditandai dengan tingkat tekanan darah tinggi, adalah kondisi serius yang mempengaruhi jutaan orang. Jika dibiarkan tanpa disadari, kekuatan darah yang tinggi terhadap dinding arteri dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan kondisi jantung. 

Orang dengan tekanan darah tinggi sering disarankan untuk berjalan-jalan di taman, tetapi sebuah studi baru menunjukkan bahwa peregangan akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Saskatchewan menunjukkan bahwa orang yang melakukan peregangan mengalami tingkat tekanan darah yang lebih rendah daripada mereka yang melakukan jalan cepat.

Sebagai permulaan, peregangan secara umum adalah aktivitas yang bagus untuk dimasukkan dalam rutinitas harian.

Ada banyak manfaat dari peregangan, termasuk mengelola tingkat tekanan darah. Tidak hanya itu, ini membantu memperbaiki postur tubuh, mengurangi stres dan mengurangi nyeri tubuh, dan banyak lagi.

Selama bertahun-tahun, penelitian menunjukkan bahwa peregangan meningkatkan aliran darah di arteri dan mengurangi kekakuan arteri, yang, pada gilirannya, membantu mengelola hipertensi.

Untuk penelitian ini, para peneliti menganalisis 40 orang dewasa yang menderita hipertensi selama delapan minggu.

Sementara satu kelompok diminta melakukan peregangan selama 30 menit, yang lain diminta melakukan jalan cepat dengan jumlah waktu yang sama selama lima hari seminggu.

Setelah mengevaluasi jumlah mereka secara menyeluruh, tim menemukan kelompok peregangan melihat penurunan yang lebih besar dalam jumlah tekanan darah.

Baca Juga: 6 Tips Untuk Peregangan yang Aman Guna Terhindar Dari Risiko Cedera

Baca Juga: Ancaman Penyakit Menular Tertinggi di Dunia Jauh Sebelum Ada Covid-19, Dokter Tanzania Melatih Penciuman Tikus Untuk Deteksi Dini TBC

Namun, mereka melihat penurunan lingkar pinggang yang lebih besar dengan jalan cepat daripada peregangan. Jadi, kombinasi kardio dan peregangan dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan secara keseluruhan.