Find Us On Social Media :

Lakukan 3 Hal Ini Agar Punggung Mulus dan Bebas dari Jerawat

Penyebab dan cara mengatasi jerawat punggung.

GridHEALTH.idJerawat biasanya terlihat di bagian wajah, seperti dagu, pipi, ataupun dahi. Nyatanya jerawat juga bisa ditemukan di bagian tubuh yang lain.

Salah satu bagian tubuh yang kerap kali ditemukan jerawat, selain wajah, adalah punggung. Jerawat punggung adalah kondisi yang umum dialami oleh beberapa orang.

Jerawat bisa ditemukan di bagian tubuh manapun yang terdapat kelenjar minyak, termasuk punggung, dada, hingga bahu, dikutip dari Mayo Clinic, Jumat (14/01/2022).

Jerawat punggung terjadi karena penumpukan sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori.

Ditambah dengan bakteri Cutibacterium acnes yang tumbuh berlebihan, sehingga menimbulkan peradangan.

Tumbuhnya jerawat di punggung sering dikaitkan dengan aktivitas olahraga. Di mana saat seseorang melakukan aktivitas fisik, mereka akan berkeringat dan kulitnya tergesek oleh pakaian yang dikenakan.

Keadaan punggung yang lembab, menjadi tempat yang baik bagi bakteri untuk berkembang biak dan menyumbat pori-pori bersama dengan sebum serta sel-sel kulit mati.

Folikel rambut atau pori-pori yang tersumbat tersebut, kemudian rusak dan terbentuklah jerawat punggung.

Sama seperti jerawat di wajah, jerawat punggung juga menyebabkan rasa nyeri dan membuat tidak nyaman. Apalagi saat harus berbaring atau tergesek baju yang sedang dipakai.

Baca Juga: 5 Fakta Kulit Perempuan Lebih Tangguh dari Pria, Walau Lebih Tipis

Melansir American Academy of Dermatology, Jumat (14/01/2022), jerawat punggung bisa ditangani dengan menggunakan obat jerawat yang bisa dibeli secara bebas di pasaran.

Sebuah studi menunjukkan bahwa beberapa jenis obat ini bisa membantu mengobati jerawat punggung yang derajat ringan ataupun sedang.