Find Us On Social Media :

Kenali Tanda-tanda Pubertas Dini Pada Anak, Seperti yang Dialami Putri Melki Bajaj

Tanda-tanda pubertas dini pada anak perempuan ataupun laki-laki.

GridHEALTH.id - Putri komedian Melki Bajaj, mengalami pubertas dini yang tidak biasa dialami oleh anak perempuan seusianya.

Hal tersebut, dibagikan oleh sang istri Dewi Fitri melalui akun Instagramnya pada Selasa (18/01/2022).

Lewat akun unggahan itu, istri Melki Bajaj menceritakan kalau putrinya yang bernama Amika sudah haid, padahal usianya belum memasuki masa pubertas.

Dia kemudian segera membawa anaknya untuk bertemu dengan dokter anak yang memang sudah dipercaya sejak lama.

Dari pemeriksaan dengan dokter anak, diketahui kalau Amika ternyata mengalami pubertas dini dan disarankan melakukan pemeriksaan lanjut dengan dokter endokrin.

"Oke jadi ceritanya 2021 lalu di bulan Juli Amika haid pertama kalinya di usia 8 tahun," tulis Dewi Fitri.

"Waktu ketemu bu dok dsa nya kaka Amika dari baby @yovitaananta baru lah aku tau kalau Amika tuh pubertas dini, dan akhirnya dirujuk ke dokter endokrin langsung pada ahli nya di bidang nya prof @amanpulungan," sambungnya.

Putri Melki Bajaj pun kemudian melakukan screening kesehatan, yang dilakukan melalui tes darah dan rontgen tangan. Hasilnya menunjukkan kalau putri Melki Bajaj dan Dewi Fitri bahwa usia tulangnya di atas umur asli.

"Jadi hasilnya adalah Amika 8th 6bl Bone Age 10th 6bln, pubertas dini," jelas istri Melki Bajaj.

Baca Juga: 4 Hal Yang Perlu Disiapkan Untuk Sambut Menstruasi Pertama Pada Anak

Seperti yang diketahui, masa pubertas seorang anak umumnya dimulai pada usia 10 tahun untuk anak perempuan dan 11 tahun anak laki-laki, dikutip dari Kids Health, Rabu (19/01/2022).

Pubertas dini membuat anak perempuan mengalami tanda-tanda puber sebelum berusia 7 atau 8 tahun dan anak laki-laki di bawah umur 9 tahun.