Find Us On Social Media :

Mengusir Ketombe dengan Cuka Sari Apel, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Cuka sari apel bisa digunakan untuk mengusir ketombe.

GridHEALTH.id - Cuka sari apel tidak diragukan lagi merupakan bahan populer dalam produk kecantikan, serta sejumlah tonik dan pengobatan rumahan lainnya.

Salah satu klaim bermanfaat yang lebih populer yang kita lihat melekat pada cuka sari apel adalah bagaimana ia dapat membantu mengobati ketombe.

Ketombe, yang disebut dermatitis seboroik, adalah kondisi kulit kepala umum yang ditandai dengan serpihan putih.

Manfaat cuka sari apel untuk rambut dan kulit kepala terutama berasal dari pH-nya, yang bersifat asam, bahkan, ia memiliki pH yang cukup mirip dengan rambut kita.

Dermatitis seboroik disebabkan oleh jamur di kulit kepala kita. Saat ragi tumbuh subur dalam kondisi pH yang lebih mendasar, dengan menurunkan pH kulit kepala secara teoritis membuat kulit kepala  menjadi lingkungan yang lebih tidak ramah bagi ragi.

Namun, tidak ada penelitian ilmiah untuk mengkonfirmasi hal ini, tetapi banyak ahli kulit setuju bahwa mungkin ada sesuatu untuk itu, jika digunakan dengan benar.

"Kita semua memiliki ragi yang hidup di kulit kita sebagai bagian dari bioma alaminya, tetapi pada orang-orang tertentu hal itu menyebabkan gatal, peradangan, dan pengelupasan.

Keasaman cuka sari apel membuat lingkungan yang kurang menguntungkan bagi ragi dan oleh karena itu dapat menghentikan pertumbuhannya, yang menyebabkan berkurangnya pengelupasan, " kata dokter kulit bersertifikat Morgan Rabach, MD, dan salah satu pendiri LM Medical NYC.Karena cuka sari apel adalah anti-mikroba, anti-ragi dan antijamur, ini membantu membersihkan bakteri dan organisme lain dari kulit. Ketika digunakan untuk kontak singkat, seperti dalam sampo, itu umumnya aman dan ditoleransi dengan baik."

Baca Juga: Sama-sama Bikin Gatal di Rambut, Ini Cara Membedakan Ketombe dan Kutu

Baca Juga: Bibir Sumbing Bisa Sebabkan Masalah Fisik dan Psikologis Pada Anak

Berhati-hatilah untuk tidak berlebihan, mengingat kemampuan komponen asam untuk memecah serat rambut halus," kata Nazarian.

Kita dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara menggunakan cuka sari apel dengan benar untuk rambut.