Find Us On Social Media :

Begini Cara Mudah Mengatasi Bibir Pecah-pecah Tanpa Lip Balm

Ghee atau minyak samin dapat mengatasi bibir pecah-pecah.

GridHEALTH.id - Punya bibir kering dan pecah-pecah? Alih-alih menggunakan lip balm sepanjang waktu, cobalah tip alami ini yang akan menyembuhkannya dari dalam.

Gita Ramesh, direktur Kairali Ayurvedic Group dan penulis The Ayurvedic Cookbook , menyarankan untuk mengoleskan ghee di pusar. Dia menjelaskan mengapa ini berhasil.

Ghee dikenal sebagai butter murni yang kaya rasa dan beraroma. Cara membuat Ghee sebetulnya sama dengan butter, tapi ghee dimasak lebih lama untuk mengeluarkan aromanya.

Proses tersebut dilakukan dengan cara memasaknya di api kecil dalam waktu lama. Selanjutnya, Ghee dijernihkan untuk memisahkan susu padatnya.

Sedikit tambahan, masyarakat Indonesia pun mengenal Ghee dengan nama minyak samin. Biasanya minyak ini digunakan untuk membuat martabak telur.

Melansir dari Healthline, Ghee memiliki titik asap sekitar 252 derajat celcius, sedangkan butter hanya sekitar 177 derajat celcius. 

Digunakan dalam Ayuverda, Ghee sebetulnya sudah digunakan sejak berabad-abad lalu.

Penggunaannya tak hanya untuk masakan, tapi juga pengobatan Ayurveda, seperti dikutip dari Bon Appetit.

Bahkan pengobatan Ayurveda menganjurkan seseorang untuk memanggang masakan dengan Ghee.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mengatasi Bibir Pecah-pecah Hingga Berdarah

Baca Juga: Obesitas dan Kemiskinan Faktor Terjadinya Hipertensi, Studi WHO

Sedangkan penggunaan Ghee pada pengobatan bibir pecah, menurut Ayurveda pusar adalah salah satu bagian tubuh yang paling penting. Dalam Ayurveda, ada tiga kekuatan hidup utama (doshas) dalam tubuh kita.