Find Us On Social Media :

14 Jenis Masker Diteliti, Ini yang Direkomendasikan dan yang Membahayakan Untuk Covid-19

Tidak semua masker efektif mencegah penularan virus corona.

GridHEALTH.id - Hingga saat ini memakai masker merupakan satu dari beberapa protokol kesehatan (prokes) yang paling efektif menangkal penularan virus corona (Covid-19).

Disebutkan pada laman Mayo Clinic (13/2/2021), bahwa memakai masker yang dikombinasikan dengan prokes lain seperti mencuci tangan dan menjaga jarak dapat memperlambat penularan Covid-19.

Karenanya untuk menghindari paparan Covid-19 di masa pandemi ini penting bagi masyarakat untuk disiplin memakai masker.

Meski demikian, dari banyak jenis masker yang tersedia di pasaran, tidak semua masker efektif mencegah penularan virus corona.

Hal ini pun sempat diteliti oleh studi yang dilakukan para ilmuwan di Duke University, Durham, North Carolina, Amerika Serikat.

Dimana studi yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances pada 2020 lalu itu diketahui menguji 14 jenis masker untuk mengetahui jenis masker mana saja yang efektif dan tidak efektif dalam menangkan virus Covid-19.

"Kami ingin menekankan bahwa kami benar-benar mendorong orang untuk memakai masker, tetapi kami ingin mereka memakai masker yang benar-benar berfungsi dengan baik," kata salah satu peneliti di Duke University North Carolina, Martin Fischer kepada CNN (9/8/2020).

Lantas jenis masker apa saja yang efektif dan tidak efektif dalam menangkan virus Covid-19?

Masker yang EFEKTIF dan DIREKOMENDASIKAN

Baca Juga: Varian Sebabkan Kasus Covid-19 Naik, Ahli Tegaskan Masker Tetap Pelindung Terbaik, Bisa Memperpendek Jarak Sosial

1. Masker N95

Pada studi tersebut, masker wajah N95 tingkat medis adalah yang paling efektif dalam "mengurung" partikel.