Find Us On Social Media :

Hati-hati Cabut Uban Bisa Sebabkan Kebotakan, Lebih Baik Lakukan Ini

Risiko mencabut rambut putih terlalu sering.

GridHEALTH.id – Uban atau rambut yang berwarna putih, merupakan hal yang normal ketika usia seseorang bertambah.

Pasalnya seiring bertambahnya usia seseorang, folikel rambut akan menghasilkan warna yang lebih sedikit.

Sehingga saat melewati fase regenerasi, akan tumbuh rambut berwarna putih, dikutip dari Harvard Medical School, Kamis (27/01/2022).

Akan tetapi, ada juga orang yang sudah mempunyai rambut putih meskipun usianya masih di antara 20-30 tahun.

Penyebab utama tumbuhnya rambut putih pada usia muda yakni faktor genetik. Sebuah studi bahkan menunjukkan kalau orang Asia kemungkinan beruban saat usianya 25 tahun. Sedangkan Afrika-Amerika mempunyai uban ketika berusia 30 tahun.

Selain faktor genetik, terdapat sejumlah kondisi lain yang menyebabkan rambut putih, seperti kekurangan vitamin hingga penyakit tertentu.

Melihat kemunculan rambut putih di usia muda tentunya dapat membuat seseorang merasa malu. Sehingga tak jarang uban akan dicabut agar tidak menganggu penampilan.

Kebiasaan mencabut rambut putih disebut dapat membuat uban tumbuh semakin banyak di kepala. Menurut ahli pengobatan dan dokter keluarga dr Shashank Kraleti, M.D., mengatakan kalau itu hanyalah mitos.

Mencabut uban hanya akan membuat Anda mendapatkan uban baru di tempat yang sama karena hanya ada satu rambut yang bisa tumbuh per folikel,” ujar Shashank dikutip dari UAMS Health, Kamis (27/01/2022).

“Rambut di sekitar Anda tidak akan memutih sampai sel pigmen folikel mereka sendiri yang mati,” jelasnya.

 Baca Juga: 5 Tips Mencegah Rambut Kusut, Keramas Menggunakan Air Dingin

Mencabut rambut putih memang tidak menyebabkannya tumbuh lebih banyak di kepala. Hanya saja, ada risiko yang mengintai jika kebiasaan ini terus-menerus dilakukan.