Find Us On Social Media :

6 Pengobatan Rumahan Untuk Sariawan di Mulut yang Sering Muncul

Kunyit, salah satu pengobatan rumahan yang alami untuk mengatasi sariawan di mulut.

GridHEALTH.id - Bisul mulut, juga dikenal sebagai sariawan atau bisul aphthous, adalah salah satu masalah mulut yang paling umum.

Apa pun faktor penyebabnya, sariawan cukup menyakitkan dan juga menyebabkan ketidaknyamanan saat makan.

Mengatur pola makan seperti menghindari makanan pedas dan asam selain minum obat (krim atau pil topikal) biasanya dianjurkan, tetai ada juga pengobatan rumahan bersifat alami yang efektif untuk mengatasi sariawan.

Berikut adalah enam pengobatan rumahan dari herbal yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sariawan;

1. Daun kemangi

Selain memberikan berbagai manfaat kesehatan, daun kemangi dikenal efektif melawan sariawan.

Daun ini tidak hanya memberikan bantuan cepat dari bisul tetapi juga mencegah kekambuhannya. Untuk menghilangkan sariawan, kunyah 4 sampai 5 daun tulsi setiap 4 jam di siang hari.

2. Licorice

Bertindak sebagai agen anti-inflamasi yang kuat yang memberikan bantuan besar terhadap sariawan.

Baca Juga: Obat Herbal Alami Untuk Sembuhkan Sariawan, Cukup Segelas Air Kelapa

Baca Juga: Pesinetron Aliando Syarif Mengaku Idap OCD Hingga Kesulitan Beraktivitas, Begini Cara 'Bersahabat' dengan Gangguan Mental yang Sulit Disembuhkan Ini

Kita dapat membuat pasta bubuk licorice dengan mencampurkannya dengan madu atau air dan mengoleskannya ke area yang terkena atau menambahkan sedikit bubuk ke dalam teh hangat dan meminumnya 3sampai  4 kali sehari untuk hasil yang baik.