Find Us On Social Media :

Healthy Move, Jangan Berolahraga 3 Jam Sebelum Tidur, Ini Alasannya

Berolahraga di malam hari dekat waktu tidur bisa mengganggu kenyenyakan tidur.

GridHEALTH.id - Berolahraga di gym tidak akan ada gunanya jika kita tidak pintar tentang rutinitas kebugaran terutama dalam pengaturan waktunya.

Ternyata, berolahraga hingga larut malam dapat berdampak buruk pada kesehatan karena dapat mengganggu siklus tidur dan memengaruhi gaya hidup.

Berlawanan dengan kepercayaan populer bahwa olahraga larut malam dapat melelahkan tubuh dan membantu kita dur seperti bayi di malam hari, ternyata bukan ini dampaknya, malah mendatangkan dampak negatif daripada sisi kebaikannya.

Meski setelah latihan malam kita merasa bugar, ini dapat mengganggu detak jantung  yang stabil, yang merupakan salah satu faktor inti yang dapat berdampak pada tidur restoratif kita.

Latihan, umumnya, juga membuat kita dehidrasi. Berolahraga juga melepaskan hormon stres dalam tubuh, membuat tubuh tetap waspada, jadinya malah susah tidur,  menurut Sleep Matters Club.

Baca Juga: 6 Pengobatan Rumahan Untuk Sariawan di Mulut yang Sering Muncul

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Perut Rata, Latihan Kardio Hingga Latih Otot Perut

Tubuh bugar dan lampu terang dari gym malah menghentikan produksi melatonin, hormon tidur.

Untuk menghindari hal ini, para ahli menyarankan beberapa cara agar kita bisa tidur setelah berolahraga dengan baik dan berkeringat.

Yaitu kita harus menahan diri dari berolahraga setidaknya tiga jam sebelum tidur. Mandi air panas atau mandi santai dengan minyak esensial juga dapat membantu kita lebih tidur nyenyak. (*)