Find Us On Social Media :

dr Erlina Burhan Ingatkan Masuk Angin yang Jadi Gejala Omicron Ini

Masuk angin sebagai salah satu gejala Omicron.

GridHEALTH.id - Siapa sangka masuk angin ternyata bisa jadi salah satu gejala Omicron, yakni mutasi terbaru Covid-19 yang tengah mewabah.

Hal itu seperti dijelaskan oleh Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K).

Menurut Erlina Burhan, masuk angin bisa jadi gejala Omicron yang perlu diwaspadai masyarakat.

Dimana jika gejala masuk angin disertai nyeri tenggrokan dan fatigue atau tubuh merasa lemas patut dicurigai tubuh terinfeksi Omicron.

Diketahui gejala khas pada pasien Omicron adalah nyeri atau gatal pada tenggorokan serta fatigue atau badan terasa lemas.

"Ada nyeri tenggorokan, badannya gimana lemes ya sudah periksa saja, banyak pasien saya ternyata positif," kata dia seperti dikutip dari tribunnews (2/2/2022).

Kondisi ini juga tepat bagi seseorang untuk melakukan tes pemeriksaan Covid-19 baik antigen atau swab PCR.

"Kalau gejalanya seperti itu saya sarankan segera memeriksakan diri tujuannya bukan hanya mengetahui status (positif atau tidak) tetapi juga supaya lebih disiplin untuk melakukan protokol kesehatan agar supaya orang lain di sekitar tidak tertular," ungkap dokter RSUP Persahabatan ini.

Erlina Burhan menerangkan, gejala Omicron tidak selalu disertai dengan demam.

Baca Juga: Subvarian Omicron BA.2 Diketahui Lebih Cepat Menular, Hasil Studi

Berdasarkan pengamatannya saat merawat pasien, gejala diawali dengan badan lemas, nyeri tenggorokan, kemudian hidungnya mampet atau tersumbat.

"Atau kadang-kadang disertai juga dengan demam dan ada yang diare juga karena memang reseptor dari Omicron itu juga ada di saluran cerna, ada yang mual juga," terang dia.