Find Us On Social Media :

4 Manfaat Kesehatan yang Didapatkan Lansia dari Berhubungan Seks

Dampak positif berhubungan seks bagi lansia.

GridHEALTH.id – Melakukan hubungan intim tidak hanya untuk pasangan yang masih muda saja. Pasangan yang sudah berusia di atas 50 tahun atau lanjut usia (lansia), juga tetap perlu melakukannya.

Bercinta di usia lanjut, memiliki manfaat bagi kesehatan. Itu terbukti dalam sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Sexual Medicine.

Dipimpin oleh Dr Sarah Jackson dari Institute Epidemiologi dan Perawatan Kesehatan UCL, serta Dr Lee Smith dari ARU, studi tersebut menemukan bahwa pasangan lansia yang masih aktif kehidupan seksualnya, mempunyai hidup yang lebih bahagia.

“Memporomosikan kesejahteraan di kemudian hari adalah prioritas kesehatan masyarakat. Kita tahu bahwa kesejahteraan psikologis terkait erat dengan kesehatan fisik, dan seiring bertambahnya usia populasi, beban layanan kesehatan meningkat,” kata Dr Jackson, dikutip dari ucl.ac.uk, Kamis (03/02/2022).

“Jika mendorong dan mendukung orang terus menikmati kehidupan seks yang sehat di usia tua dapat membantu meningkatkan kesejahteraan, mungkin ada manfaat baik bagi individu maupun untuk keberlanjutan layanan kesehatan,” jelasnya.

Jadi, apa saja manfaat kesehatan berhubungan seks bagi lansia? Berikut ini adalah alasannya.

1. Tidur jadi  lebih nyenyak

Ketika melakukan hubungan intim, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin dan endorfin. Kombinasi hormon ini, akan bertindak sebagai sedasi dan membuat tidur lebih nyenyak, dilansir dari Healthline, Kamis (03/02/2022).

Tidur nyenyak sangat baik karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memperpanjang usia hidup, memenuhi kebutuhan untuk istirahat, dan meningkatkan energi di siang hari.

 Baca Juga: 4 Tips Bagi Lansia Supaya Dapat Melakukan dan Menikmati Seks yang Aman

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Melakukan hubungan seks bagi lansia juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Ini karena saat berhubungan intim, hormon estrogen dilepaskan.