Find Us On Social Media :

4 Gejala Umum Pembengkakan Jantung dan Penyebabnya, Hati-hati

Penyebab pembengkakan jantung dan gejalanya.

GridHEALTH.id – Menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Pasalnya terdapat sejumlah penyakit yang bisa menyerang organ yang vital bagi kehidupan manusia ini, salah satunya pembengkakan jantung.

Pembengkakan jantung atau disebut juga kardiomegali merupakan kondisi saat ukuran jantung lebih besar daripada biasanya, dikutip dari Cleveland Clinic, Jumat (04/02/2022).

Jantung mungkin akan lebih tebal atau melebar dari biasanya. Pembengakakan jantung dapat bersifat sementara atau permanen, tergantung penyebabnya.

Penyebab pembengkakan jantung

Penyebab kardiomegali cukup beragam, mulai dari kondisi bawaan lahir, kerusakan akibat serangan jantung, atau detak jantung yang tidak normal.

Dilansir dari Mayo Clinic, Jumat (04/02/2022), terdapat juga beberapa kondisi lain yang bisa menyebabkan pembengkakan jantung, seperti berikut ini:

Tekanan darah tinggi: Jantung harus mempompa lebih kuat agar bisa mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Ini dapat memicu ventrikel kiri membesar, menyebabkan otot jantung melemah.

Tekanan darah tinggu juga dapat membuat ruang atas jantung membesar.

 Baca Juga: Tips Jantung Sehat, Jangan Tidur Malam Lewat Pukul 22.00, Ini Hasil Studinya

Anemia: Kondisi di mana sel darah merah untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh tidak cukup banyak. Jika tidak diobati, anemia dapat emmbuat detak jantung lebih cepat atau tidak teratur.

Jantung harus memompa lebih banyak darah untuk menggantikan jumlah oksigen yang kurang dalam darah.