Find Us On Social Media :

Kelebihan Vaksin Booster Berbayar Sinopharm dengan Skema Gotong Royong

Vaksin Sinopharm berbayar. Ini kelebihannya.

GridHEALTH.id - Vaksin berbayar ternyata ada, menggunakan vaksin Sinophram.

Apakah keunggulan vaksin Sinophram dari negeri China Ini?

Banyak masyarakat tahunya sejak ditandatangani permenkes yang menghapuskan berbayar pada 28 Juli 2021, semua vaksin Covid-19, termasuk booster di Indonesia gratis.

Sebab Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang menghapuskan ketentuan pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong berbayar untuk individu dengan ditetapkannya Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 23 Tahun 2021 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Aturan ini merupakan perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2021 yang mana dalam ketentuan ini memuat aturan mengenai vaksinasi individu berbayar melalui skema Vaksinasi Gotong Royong.

Tapi tidak banyak yan memahami bahwa perubahan ini, Program Vaksinasi Gotong Royong melalui perusahaan tetap ada.

Vaksinasi Gotong Royong melalui perusahaan hanya menggunakan vaksin Sinopharm dengan sasaran sekitar 7.5 juta penduduk usia diatas 18 tahun.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, melansir CNN Indonesia (2/2/2022), penggunaan vaksin Sinopharm untuk booster atau dosis ketiga kemungkinan masuk dalam kategori vaksin Gotong Royong sehingga berbayar.

Nadia menyebut masih membuat petunjuk teknis (juknis) penggunaan vaksin Covid-19 Sinopharm sebagai vaksin booster dalam program Gotong Royong yang akan diberikan berbayar.

Baca Juga: Obat Infeksi Omicron Efektif, Pasien Long Covid-19 Sembuh dengan Obat Bebas Murah

Sebagai informasi, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menambah kombinasi vaksin booster homolog menggunakan Sinopharm.

Ini artinya hanya penerima vaksin Sinopharm pada vaksinasi dosis satu dan dua yang bisa diberikan booster dengan jenis vaksin yang sama.