Find Us On Social Media :

Hati-Hati Jika Berkunjung ke 6 Tempat Ini, Risikonya Tertular Covid-19

Terdapat beberapa tempat berisiko tinggi penularan Covid-19.

GridHEALTH.id - Penularan virus Covid-19 sampai saat ini tidak dapat diprediksi.

Semua orang kini bisa terkena Covid-19 kapan dan dimana saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Terlebih saat ini muncul mutasi terbaru Covid-19 yang sangat menular yakni varian Omicron.

Menurut laman who.int (9/7/2020), Covid-19 dapat menular lewat beberapa cara.

Misalnya melalui kontak langsung dengan tetesan pernapasan dari orang yang terinfeksi, baik yang dihasilkan melalui batuk maupun bersin.

Kemudian seseorang juga dapat terinfeksi dari menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus dan kemudian menyentuh wajah mereka misalnya mata, hidung, mulut.

Karenanya untuk mencegah penularan Covid-19, penting bagi kita mendapatkan vaksin Covid-19 dan disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Prokes disini seperti 5M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi serta interaksi).

Berbicara mengenai prokes, WHO barus saja mengimbau masyarakat untuk berhati-hati akan penularan Covid-19 di beberapa tempat yang berisiko tinggi.

Baca Juga: Jahe dan Daun Pepaya Disebut Efektif Obati Varian Omicron, Ini Faktanya

Dimana menurut WHO, risiko terkena Covid-19 lebih tinggi di tempat yang ramai dan berventilasi tidak memadai, di mana orang yang terinfeksi menghabiskan waktu lama bersama dalam jarak dekat.

"Wabah Covid-19 telah dilaporkan di tempat-tempat di mana orang-orang berkumpul, seringkali di lingkungan dalam ruangan yang ramai dan mereka berbicara dengan keras, berteriak, bernapas dengan berat atau bernyanyi," imbaunya dikutip Kontan.co.id dari laman WHO (14/2/2022).