Find Us On Social Media :

Olahraga Malam Hari Lebih Baik Bagi Penyandang Diabetes, Studi

Penyandang diabetes dianjurkan melakukan olahraga di malam hari.

GridHEALTH.id - Berolahraga di malam hari meningkatkan metabolisme dan membuat kita lebih mudah untuk mengontrol kadar glukosa darah dalam semalam, sebuah penelitian menemukan.

Para peneliti dari Australian Catholic University menyelidiki kesehatan metabolisme dari 24 pria tidak aktif yang berisiko terkena diabetes tipe 2 dan diberi diet tinggi lemak.

Olahraga di sore hari menurunkan kadar glukosa semalaman, sementara olahraga pagi dan sore meningkatkan kebugaran jantung.

Peneliti Utama Trine Moholdt mengatakan temuan ini penting bagi orang yang hidup dengan diabetes yang sering memiliki masalah regulasi glukosa.

“Kami menemukan bahwa berolahraga di pagi atau sore hari menyebabkan peningkatan serupa dalam kebugaran kardiorespirasi, tetapi kontrol glikemik malam hari hanya meningkat pada kelompok olahraga malam,” kata Dr Moholdt.

"Kelompok yang berolahraga di sore hari memiliki konsentrasi glukosa malam yang lebih rendah."

“Itu penting karena salah satu hal yang dialami oleh individu dengan diabetes tipe 2 adalah lonjakan glukosa di malam hari, jadi ketika mereka tidur, glukosa mereka memuncak dan melonjak di malam hari.”

“Studi kami dapat menunjukkan bahwa kami dapat meratakan lonjakan nokturnal itu dan itu adalah temuan yang sangat penting karena tidak hanya konsentrasi glukosa malam hari yang lebih rendah, kolesterolnya juga lebih rendah.”

Dua puluh empat pria tidak aktif antara usia 30-45 dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) berkisar antara 27-35 (kelebihan berat badan atau obesitas), direkrut. Mereka diberi diet tinggi lemak selama 11 hari berturut-turut.

Baca Juga: Healthy Move, Ini Dia 5 Manfaat Utama Berlari di Malam Hari

Baca Juga: Ketahui Cara Mengenali dan Mengatasi Gangguan Pencernaan GERD

Tak satu pun dari peserta memiliki diabetes tipe 2 atau penyakit kardiovaskular, tetapi semua berisiko mengembangkan kondisi tersebut.