Find Us On Social Media :

5 Gangguan Mulut Akibat Gula Darah Tinggi dan Cara Mengatasinya

Gangguan mulut rentan dialami penyandang diabetes.

GridHEALTH.id – Penyakit diabetes mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproses gula dari makanan dan minuman yan dikonsumsi sehari-hari.

Insulin merupakan hormon yang dibutuhkan untuk mengangkut gula dari darah ke sel-sel tubuh untuk diubah menjadi energi. Namun, pada penyandang diabetes tipe 1 hormon tersebut tidak terlalu banyak.

Sedangkan pada penyandang diabetes tipe 2, tubuh sama sekali tidak menghasilkan hormon insulin.

Akibatnya kadar gula darah dalam tubuh tinggi, yang dapat menyebabkan masalah pada organ-organ tubuh lainnya seperti mata, jantung, ginjal, saraf, hingga, mulut, dilansir dari Mouth Healthy, Rabu (16/02/2022).

Penyandang diabetes dengan gula darah yang tidak terkontrol berisiko tinggi mengalami mulut. Jika sudah sampai pada tahap ini, diabetes pun juga akan sulit untuk dikendalikan.

Melansir niddk.nih.gov, Rabu (16/02/2022), berikut ini adalah beberapa gangguan mulut yang paling sering dialami oleh penyandang diabetes.

1. Radang gusi

Peradangan yang terjadi pada gusi, sehingga menyebabkan gusi kemerahan, bengkak, dan terkadang mengalami pendarahan.

Perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan sikat gigi dan menggunakan benang gigi setiap hari. Juga rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi.

Baca Juga: Cara Diabetes Memperburuk Infeksi Covid-19 Seperti Dialami Dorce Gamalama

2. Periodontitis

Gangguan mulut akibat diabetes selanjutnya adalah periodontitis yang merupakan masalah pada gusi, dengan tingkat keparahan mulai dari ringan hingga parah. Kondisi ini memiliki gejala yang hampir mirip dengan radang gusi.