Find Us On Social Media :

Benarkah Setelah Terinfeksi Omicron Bakal Kebal Varian Delta? Ini Kata Ahli

Infeksi varian Omicron kabarnya membuat kebal terhadap varian Delta. Benarkah?

GridHEALTH.id - Beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa setelah terinfeksi Omicron seseorang bisa kebal terhadap varian Delta.

Dimana kabar tersebut diungkapkan oleh seorang tenaga kesehatan (nakes) dalam sebuah video yang dibagikan di media sosial.

Salah satu akaun yang menyebarkan video tersebut adalah akun TikTok @RophiClinic oleh Dr Leong Hoe Nam.

"Terinfeksi Omicron akan lebih baik untuk membekali diri melawan serangan varian Delta," ucap nakes dalam video.

"Tidak hanya Delta, (varian) Alpha, Beta, Gamma karena sudah ditolak oleh Omicron," imbuhnya.

Pernyataan ini pun mengundang banyak pertanyaan masyarakat, apakah benar informasi tersebut?

Pertanyaan tersebut pun ditanggapi oleh ahli biologi molekuler Indonesia, Ahmad Utomo, seperti dilansir dari Kompas.com (15/2/2022).

Meurutnya belum ada kepastian yang jelas atau bukti klinisnya mengenai kekebalan diri pada pasien terinfeksi Omicron terhadap varian-varian lainnya.

"Bisa jadi (bisa saja infeksi Omicron memperkuat kekebalan terhadap varian lain), masalahnya varian sebelum Omicron kan sudah mulai menghilang, jadi bagaimana membuktikannya?" kata Ahmad.

Baca Juga: 3 Hal yang Menjadi Kunci Kesembuhan Ibu Hamil yang Terinfeksi Covid-19

Varian Delta, Alfa, Gamma dan Beta yang disebutkan dalam video tersebut sama saja seperti Omicron yakni merupakan beberapa dari banyak varian mutasi virus Covid-19.

Untuk itu, kata dia, kemungkinan bisa saja antibodi seseorang yang terinfeksi Omicron bisa menjadi sistem imunitas yang baik melawan varian Delta dan lainnya itu.