Find Us On Social Media :

4 Penyakit infeksi Kelamin yang Paling Sering Terjadi dan Gejalanya

Penyakit infeksi kelamin dan gejalanya.

GridHEALTH.idPenyakit infeksi kelamin merupakan salah satu hal yang sangat perlu untuk diperhatikan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terdapat sekitar 30 jenis bakteri, virus, dan parasit yang bisa bertransmisi melalui hubungan seksual.

Orang yang memiliki penyakit infeksi kelamin, dapat secara tidak sadar menularkan gangguan kesehatan itu kepada pasangannya.

Melansir NHS.uk, Senin (21/02/2022), terdapat beberapa gejala umum yang bisa menjadi tanda dari penyakit menular seksual, seperti keluarnya cairan yang tidak biasa dari vagina (keputihan), penis, atau anus.

Selain itu juga akan terasa sakit ketika sedang buang air kecil, adanya benjolan di sekitar alat kelamin atau anus, ruam, dan pendarahan yang tidak biasa pada vagina.

Orang yang mengalami penyakit infeksi kelamin juga akan merasakan gatal di area intimnya, lepuhan di alat kelamin, dan kutil yang ada di organ intim ataupun mulut.

Berikut merupakan beberapa jenis penyakit infeksi kelamin yang paling sering terjadi.

1. Klamidia

Klamidia merupaka penyakit infeksi menular seksual yang paling umum terjadi. Gangguan kesehatan ini disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis yang berpindah saat melakukan hubungan intim tanpa kondom.

Baca Juga: Berat dan Penuh Risiko Kesehatan Pelaku Operasi Ganti Kelamin, Salah Satunya Diabetes

Penyakit infeksi kelamin ini biasanya tidak menunjukkan gejala apapun. Tapi jika dibiarkan, dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius dan merusak rahim, leher rahim, serta ovarium pada wanita.

Sedangkan pada pria, klamidia yang tidak ditangani bisa menyebabkan infeksi pada saluran yang menahan testis. Infeksi ini bisa menyebar ke kelenjar prostat.