Find Us On Social Media :

6 Gejala Tumor Otak yang Perlu Diwaspadai, Salah Satunya Sakit Kepala

Gejala awal tumor otak bisa diawali dengan seringnya sakit kepala.

GridHEALTH.idTumor otak merupakan kondisi saat sel-sel yang ada di dalam otak tumbuh tidak normal.

Tumor otak dapat terjadi di bagian manapun dari otak atau tengkorak, misalnya lapisan pelindung, bagian bawah otak, batang otak, sinus, dan rongga hidung.

Melansir Johns Hopkins Medicine, Senin (21/02/2022), gangguan kesehatan ini cukup berbahaya karena dapat menekan bagian otak yang masih sehat atau bahkan menyebar ke area lain.

Selain itu, tumor otak juga bisa berubah menjadi kanker yang menyebabkan masalah jika memblokir aliran cairan di sekitar otak.

Beberapa jenis tumpr dapat menyebar melalui carian tulang belakang ke area yang jauh dari otak atau tulang belakang.

Sayangnya, karena jumlah tumor otak yang cukup banyak sekitar 120 jenis, gejalanya sering kali terabaikan.

“Tumor otak dapat terjadi dengan berbagai gejala dan tanda, tergantung di mana lokasi tumor itu berada,” kata Gene Barnett, MD, seorang ahli bedah saraf.

Agar bisa medeteksi tumor otak sedini mungkin, berikut merupakan beberapa gejala awal tumor otak yang harus diwaspadai, dilansir dari Cleveland Clinic, Senin (21/02/2022).

1. Kejang-kejang

Baca Juga: Varian Omicron Bisa Memicu Peradangan Sistem Saraf, Kata Ahli

Tumor otak dapat menekan struktur jaringan yang ada di otak. Ini dapat mempengaruhi saraf orang, sehingga mengakibatkan kejang.

Meskipun kejang bisa menjadi tanda awal gejala tumor otak, tapi tidak setiap kejang yang dialami oleh seseorang disebabkan karena masalah kesehatan ini.