Find Us On Social Media :

Gelombang Ketiga Covid-19 Dapat Menyebabkan Penurunan Kognitif dan Fungsional, Studi

Gelombang ketiga Covid-19 bisa menyebabkan turunnya kemampuan kognitif.

GridHEALTH.id - Dunia  telah memasuki gelombang ketiga ketika negara itu menyaksikan peningkatan eksponensial dalam peningkatan Covid-19 di berbagai negara.

Kasus Covid-19 telah meningkat selama sebulan terakhir, dimana negara-negara Eropa mencapai hampir 4-5 kali lebih tinggi.

Dengan peningkatan kasus, Maret kemungkinan akan menjadi bulan puncak di Eropa. Namun, kasusnya sedikit menurun di negara-negara Asia.

Asal tahu saja, gelombang ketiga virus corona dapat memengaruhi kesehatan kognitif dan fungsional pikiran dan tubuh.

Para peneliti dari AIIMS-Hyderabad memperkirakan penurunan kognitif dan fungsional di antara pasien Covid-19 pada gelombang ketiga.

Studi yang diterbitkan dalam Hormone Molecular Biology and Clinical Investigation menemukan bahwa gelombang ketiga Covid, yang saat ini sedang berlangsung, dapat menyebabkan hilangnya kognitif dan fungsional pada mereka yang terkena, di samping gejala yang telah ditunjukkan oleh virus.

Peneliti dari AIIMS (Bibinagar), Nagpur, dan RVM Institute of Medical Sciences and Research Center memetakan gejala yang umum terjadi pada gelombang pertama dan kedua, serta pengaruhnya terhadap gangguan neurologis seperti gangguan kognitif dan fungsional pada gelombang ketiga. .

Konjungtivitis, nyeri tubuh, ruam kulit, sakit tenggorokan, dan diare tersebar luas di gelombang kedua dan ketiga, sedangkan demam, kehilangan penciuman dan rasa, dan batuk terus-menerus umum di ketiga gelombang sejauh ini.

Gelombang kedua dan ketiga menunjukkan perubahan warna pada jari tangan dan kaki. Dampak Covid-19 pada fungsi kognitif, bahkan pada orang dengan gejala ringan, adalah salah satu efek jangka panjang yang semakin nyata.

Baca Juga: Antispasi Gelombang Ketiga, Wisma Atlet Pademangan Tambah 2000 Tempat Tidur

Baca Juga: 5 Kram Perut Sering Dialami Wanita, Bisa Berisiko Ganggu Kesuburan

Laporan dari riset tentang Covid-19 pada AIIMS juga melaporkan, salah satu dampak gelombang ketiga bermanifestasi sebagai halusinasi paranoid, kebingungan, dan agitasi pada lebih dari 20% pasien yang dirawat di rumah sakit, telah dilaporkan oleh sepertiga pasien.