Find Us On Social Media :

Pentingnya Memiliki Tanaman Hias di Rumah Bagi Kesehatan Keluarga, Termasuk Cegah Batuk Pilek

Manfaat tanaman hias di rumahbagi kesehatan anggota keluarga.

GridHEALTH.id - Tanaman hias di rumah tidak hanya bisa membuat rumah asri dan cantik, tapi bisa lebih dari itu.

Sebab tanaman hias di rumah bisa memberikan manfaat kesehatan psikis dan fisik bagi anggota keluarga di rumah.

Menurut Prof., Dr. Sukardiman Apt., M.S. Direktur Pendidikan UNAIR, saat Webinar Brassicaceae (Battra Series Webinar Care About Decorative Plant) pada Sabtu (25/9/2021), menyampaikan tanaman hias dapat membantu meningkatkan kadar oksigen serta menghilangkan berbagai polutan dan racun di udara.

“Karena debu-debu bisa ditangkap melalui tanaman-tanaman. Sebab tanaman memiliki peran, yang istilahnya itu fitoremediasi, yaitu berfungsi menangkap polutan-polutan mengganggu di lingkungan sekitar tanpa perlu membuangnya di tempat lain,” ucapnya.

Lebih lanjut, Prof Sukardiman menyebutkan rekomendasi tanaman beserta manfaatnya bagi kesehatan.

1. Membantu bernafas

Anggrek, sukulen, dan bromeliad berfungsi menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen. “Sukulen cocok untuk hiasan di rumah, karena bisa menyimpan air di tanaman tersebut dalam jangka yang lam dan tanpa membutuhkan sinar matahari,” kata Prof Sukardiman.

2. Membantu mencegah penyakit

Boston fern atau pakis boston, cemara dan tanaman laba-laba berfungsi menambah kelembaban.

Baca Juga: Asal Muasal Infeksi Virus Corona Penyebab Covid-19 Sejak 1965, Serta Penyebarannya

Prof Sukardiman juga mengutip dari hasil penelitian Norwegia yang menyebutkan bahwa menempatkan tanaman di dalam ruangan bisa mengurangi timbulnya kulit kering, pilek, sakit tenggorokan, dan batuk kering.

“Sumber penyakit mulanya juga bisa datang dari pikiran. Nah, pakis boston ini bisa membantu kelembaban di lingkungan rumah, tanpa dipetik bisa memberikan manfaat kepada kita,” imbuh Direktur Pendidikan UNAIR itu.