Find Us On Social Media :

Bukan Ciri Perawan, Ini 6 Penyebab Keluar Darah dari Vagina Setelah Bersenggama

Vagina berdarah usai bercinta salah satu tanda kondisi serius.

GridHEALTH.id – Pendarahan pada vagina setelah melakukan hubungan seksual adalah hal yang umum, apalagi jika itu momen pertama.

Wanita mungkin akan melihat darah setelah bersenggama selama beberapa hari. Vagina yang berdarah setelah bercinta harus diwaspadai jika terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Melansir Cleveland Clinic, rata-rata pendarahan usai bersenggama bukan hal serius. Tapi ini juga bisa jadi tanda dari kondisi yang lainya.

Dokter kandungan Lynn Simpson, MD, mengatakan ada beberapa penyebab vagina berdarah usai bersenggama. Seperti berikut ini.

1. Menstruasi

Ini adalah alasan pendarahan vagina yang paling sering terjadi. Sebelum menghubungi dokter, cek kalender lebih dulu, apakah sudah waktunya menstruasi atau belum.

Nah, untuk menghindari kebingungan, cobalah selalu mencatat waktu menstruasi. Ini bisa dilakukan secara manual atau menggunakan aplikasi di handphone.

2. Vagina kering

Penyebab vagina berdarah pasca bersenggama selanjutnya adalah kondisi vagina yang kering. Ini dipengaruhi oleh kadar hormon estrogen yang menurun.

 Baca Juga: 6 Tips Bercinta Bagi Pemula, Dapatkan Pengalaman yang Luar Biasa

Wanita biasanya mengalami vagina kering setelah memasukki fase menopause.

3. Cervicitis