Find Us On Social Media :

4 Tips Sederhana Merawat Anak Penyandang Diabetes Tipe 1 dan 2

Penangan diabetes pada anak menjauhkannya dari komplikasi.

GridHEALTH.idDiabetes merupakan penyakit kronis yang menyebabkan masalah pada tubuh, sehingga tidak bisa mengubah makanan menjadi energi.

Gangguan kesehatan yang sering disebut juga dengan istilah penyakit gula atau kencing manis ini, akan bertahan seumur hidup.

Diabetes bukan merupakan penyakit orang dewasa atau lansia saja, karena nyatanya anak-anak juga bisa mengalaminya.

Anak-anak umumnya mengalami diabetes tipe 1, kondisi saat jumlah hormon insulin yang dihasilkan pankreas tidak terlalu cukup, dilansir dari Healthy Children, Jumat (04/03/2022).

Akibatnya, gula menumpuk di aliran darah anak dan tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk urin.

Rata-rata diabetes tipe 1 dialami oleh anak-anak saat usia mereka antara 5 hingga 6 tahun atau berumur 11 hingga 13 tahun.

Selain diabetes tipe 1, anak-anak juga berisiko menjadi penyandang diabetes tipe 2 akibat gaya hidup yang kurang baik.

Sejumlah anak berusia 10 tahun bahkan telah didiagnosis terkena diabetes tipe 2, karena mempunyai berat badan yang berlebih.

Diabetes tipe 2 pada anak juga bisa dipengaruhi oleh masalah medis lainnya, yang membuat insulin tidak bisa bekerja secara optimal.

 Baca Juga: Waspada Jika Anak Sering Ngompol, Bisa Jadi Gejala Awal Diabetes

Karena ini merupakan penyakit yang bertahan seumur hidup, maka orangtua perlu memberikan perhatian lebih pada anak penyandang diabetes.

Anak dengan diabetes yang tiak mendapatkan penanganan tepat, berisiko mengalami komplikasi seperti gangguan pada mata ataupun ginjal.