Find Us On Social Media :

Waktu yang Tepat Bercinta Setelah Melahirkan, Wanita Harus Tahu

Waktu yang tepat bercinta setelah melahirkan.

GridHEALTH.id - Bercinta setelah melahirkan memang baiknya tidak dilakukan secara sembarangan.

Dilansir laman Insider (8/7/2020), memang tidak ada waktu pasti kapan wanita baru boleh bercinta lagi dengan pasangan setelah melahirkan.

Namun, menurut American College of Obstetrics and Gynaecology, dokter pada umumnya menyarankan empat hingga enam minggu setelah melahirkan.

Menurut Mayo Clinic, selama waktu itu, wanita yang baru saja melahirkan mungkin mengalami kelelahan, kekeringan pada vagina, rasa sakit, atau gairah seksual yang rendah.

Jika wanita mengalami robekan vagina selama persalinan yang membutuhkan jahitan, dokter mungkin menyarankan menunggu sampai area tersebut benar-benar sembuh.

Hal ini untuk mencegah rasa sakit atau cedera berulang.

Jika memang setelah enam minggu ibu belum merasa siap, tidak perlu dipaksakan.

Sebab, orangtua pada umumnya akan memiliki rutinitas baru setelah kelahiran anak, dan sangat sulit untuk kembali ke rutinitas lama.

Demikian yang dikatakan asisten profesor di School of Health and Kinesiology di University of Nebraska-Omaha, Sofia Jawed-Wessel, kepada Self.

Baca Juga: Titik dan Cara Pijat yang Bisa Membuat Pria Lebih Keras dan Tahan Lama

"Dan rutinitas itu kemungkinan akan berubah dari bulan ke bulan ketika seorang bayi baru lahir. Itu berubah dengan sangat cepat," ujarnya.

Jika wanita sudah siap, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan demi pengalaman bercinta yang nyaman dan menyenangkan pasca persalinan.