Find Us On Social Media :

Healthy Move, Olahraga Bisa Menghilangkan Kembung Selama Menstruasi

Olahraga yoga aman dilakukan pada saat menstruasi untuk menghilangkan perut kembung.

GridHEALTH.id - Diperkirakan hampir 70% wanita mengalami kembung (bloated) saat menstruasi. Ini karena fluktuasi kadar estrogen dan penurunan tajam kadar progesteron.

Namun, kabar baiknya adalah ketika memasuki dua hingga tiga hari ke dalam periode menstruasi, indung telur  mulai memproduksi tingkat hormon pendukung yang seimbang lagi. Hal ini menyebabkan kembung mereda.

Tapi kita jangan berdiam diri saja menunggu kembung reda. Sheenu Arora, Group Exercise Manager di Fitness First di Mumbai, India mengatakan olahraga bisa sangat baik untuk meringankan gejala PMS termasuk kembung.

Tidak ada salahnya berolahraga saat haid. Ini karena, ketika kita berolahraga, tubuh melepaskan hormon yang disebut endorfin yang membantu mengurangi stres, kram, sakit kepala, dan rasa sakit yang terkait dengan menstruasi.

Jika memiliki gaya hidup yang lebih banyak bergerak, kita cenderung memiliki sistem pencernaan yang lebih lambat dan mengeluarkan keringat dapat membantu mengatasi kembung dan sembelit. Inilah yang harus kita lakukan selama periode untuk menghindari kelemahan dan rasa sakit.

Baca Juga: Healthy Move, 3 Gerakan Yoga Terbaik Untuk Atasi Kram Menstruasi

Baca Juga: Hanya dengan Sedikit Perubahan Gaya Hidup, Penyandang Diabetes Bisa Panjang Umur

Latihan intensitas rendah, peregangan ringan dan yoga bisa menjadi pilihan terbaik karena kita tidak boleh terlalu memaksakan diri selama menstruasi.

Selama periode, tingkat ketidaknyamanan/kegelisahan yang dirasakan berbeda dari satu wanita ke wanita lainnya, jadi kita arus berolahraga sampai batas yang dapat dikendalikan.

Jangan melakukan latihan inti yang sangat intens dan beberapa pose yoga seperti headstand, shoulder stand, dan pose terbalik lainnya.

Ingatlah untuk menghindari latihan intensitas tinggi seperti Crossfit dengan cara apa pun karena dapat meningkatkan peradangan dan menambah kembung.

Pastikan kita melakukan latihan kebugaran di bawah pengawasan atau bimbingan untuk postur, bentuk, dan motivasi yang tepat untuk menghindari cedera. Lakukan latihan pernapasan secara teratur dan jangan lewatkan waktu tidur dan istirahat. (*)

 Baca Juga: Diabetes dan Harapan Hidup Pendek, Mengakhiri Mitos Dengan Mengubah Gaya Hidup

Baca Juga: 5 Alasan Wanita Wajib Menggunakan Minyak Lavender, Mencerahkan Kulit