Find Us On Social Media :

Hari Down Syndrome Sedunia, 4 Artis Ini Penyandang Down Syndrome

Madeline Stuart , model dunia penyandang down syndrome.

GridHEALTH.id - Hari ini tepat 21 Maret, adalah hari Down Syndrome sedunia alias World Down Syndrome Day (WDSD).

Perayaan ini merupakan hari kesadaran global yang telah diperingati secara resmi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak 2012.

Tanggal WDSD menjadi hari ke-21 bulan ke-3, dipilih untuk menandakan keunikan triplikasi (trisomi) dari kromosom ke-21 yang menyebabkan sindrom Down.

Untuk diketahui, melansir CDC, 'Facts about Down Syndrome', disebutkan down syndrome adalah suatu kondisi di mana seseorang memiliki kelebihan kromosom.

Kromosom adalah "paket" kecil gen dalam tubuh. Mereka menentukan bagaimana tubuh bayi terbentuk dan berfungsi saat ia tumbuh selama kehamilan dan setelah lahir.

Biasanya, bayi lahir dengan 46 kromosom. Bayi dengan sindrom Down memiliki salinan ekstra dari salah satu kromosom ini, kromosom 21.

Istilah medis untuk memiliki salinan ekstra kromosom adalah 'trisomi'. Sindrom Down juga disebut sebagai Trisomi 21. Salinan ekstra ini mengubah cara bayi tubuh dan otak berkembang, yang dapat menyebabkan tantangan mental dan fisik bagi bayi.

Meskipun orang-orang dengan sindrom Down mungkin bertindak dan terlihat serupa, setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda.

Orang dengan sindrom Down biasanya memiliki IQ (ukuran kecerdasan) dalam kisaran ringan hingga sedang dan lebih lambat untuk berbicara daripada anak-anak lain.

Baca Juga: Perhatikan 6 Ciri Alergi Kosmetik di Wajah dan Cara Mengatasinya

Beberapa ciri fisik umum dari sindrom Down meliputi:

* Wajah yang rata, terutama batang hidung