Find Us On Social Media :

Mencerahkan Ketiak Secara Alami, 6 Bahannya Mudah Ditemukan di Dapur

Potongan kentang dapat mencerahkan ketiak yang gelap.

GridHEALTH.idKetiak hitam membuat sebagian besar orang merasa malu, terutama saat harus menggunakan baju tanpa lengan.

Warna ketiak yang lebih hitam dibandingkan area tubuh lain, umumnya bukan disebabkan oleh kondisi medis serius.

Ketiak yang menggelap, bisa saja terjadi karena gaya hidup yang dijalani, seperti mencukur. Mencukur bulu ketiak terlalu sering, dapat menyebabkan produksi sel pigmen berlebihan.

Selain dari kebiasaan sehari-hari, kulit ketiak yang menggelap juga bisa disebabkan oleh kondisi medis bernama acanthosis nigricans, dilansir dari Medical News Today.

Risiko seseorang mengalami acanthosis nigricans meningkat, jika resistensi insulin, obesitas, mengalami gangguan hormon (PCOS), penggunaan obat tertentu, dan kanker.

Mencerahkan kulit ketiak yang gelap dapat dilakukan secara alami, menggunakan bahan-bahan yang bisa dengan mudah didapatkan di rumah.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa membantu mencerahkan kulit ketiak.

1. Bubuk kunyit

Dilansir dari FirstCry Parenting, kunyit mempunyai bahan aktif yang bisa dimanfaatkan sebagai skincare alami, untuk membuat kulit menjadi cerah. Termasuk untuk mencerahkan kulit ketiak yang hitam.

Baca Juga: Muncul Benjolan di Ketiak Bisa Disebabkan Infeksi, Kapan Harus Waspada?

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyiapkan satu sendok teh bubuk kunyit, satu sendok teh susu, dan satu sendok teh madu. Campur semua bahan-bahan tersebut, lalu oleskan ke ketiak.

Biarkan selama 10-15 menit dan bilas menggunakan air hangat. Lakukan teknik ini dua kali seminggu, untuk dapat hasil maksimal.