Find Us On Social Media :

Healthy Move, Olahraga Ringan Setelah Mendapatkan Vaksin Covid-19 Bisa Meningkatkan Antibodi

Olahraga seperti berjalan kaki pasca vaksinasi Covid-19 dapat meningkatkan efisiensi vaksin.

GridHEALTH.id - Baru saja mendapat suntikan Covid-19? Lakukan jalan cepat untuk lebih meningkatkan kekebalan terhadap virus corona baru.

Sebuah studi oleh para peneliti dari Iowa State University di Amerika Serikat telah menyarankan bahwa 90 menit latihan intensitas ringan hingga sedang langsung setelah vaksin flu atau Covid-19 dapat memberikan peningkatan kekebalan ekstra.Mereka menemukan bahwa peserta yang bersepeda dengan sepeda stasioner atau berjalan cepat selama satu setengah jam setelah mendapatkan vaksin Covid-19 menghasilkan lebih banyak antibodi dalam empat minggu berikutnya dibandingkan dengan mereka yang duduk atau melanjutkan rutinitas harian mereka pasca imunisasi.

Hasil serupa terlihat dalam percobaan dengan tikus dan treadmill, para peneliti melaporkan dalam makalah mereka yang diterbitkan dalam The Journal of Brain, Behavior, and Immunity.Untuk penelitian ini, para peneliti menggunakan vaksin Pfizer-BioNtech Covid-19 dan dua vaksin untuk influenza.Profesor Kinesiologi Marian Kohut, penulis utama studi tersebut, mengatakan bahwa studi mereka adalah yang pertama menunjukkan bahwa jumlah waktu tertentu dapat meningkatkan respons antibodi tubuh terhadap vaksin ini.Selama 90 menit latihan pasca-imunisasi, para peserta yang bersepeda dengan sepeda stasioner atau jalan cepat berfokus pada mempertahankan kecepatan yang menjaga detak jantung mereka sekitar 120-140 denyut per menit daripada jarak.

Hampir setengah dari mereka memiliki BMI dalam kategori kelebihan berat badan atau obesitas.Latihan yang lebih pendek juga meningkatkan tingkat antibodi peserta. Dengan hanya berolahraga selama 45 menit setelah mendapatkan suntikan flu atau suntikan Covid-19, para peserta bisa mendapatkan peningkatan antibodi yang sama, seperti yang ditemukan dalam 90 menit latihan.

Baca Juga: Healthy Move, Pilihan Jenis Olahraga Membantu Mengatasi Kecemasan

Baca Juga: 5 Penyebab Iritasi dan Gatal Pada Penis dan Cara Mengatasinya

Dalam studi lanjutan, tim peneliti berencana menguji apakah 60 menit cukup untuk meningkatkan respons antibodi tubuh terhadap vaksin.

Bagaimana olahraga meningkatkan respons tubuh kita terhadap vaksin? Menurut Kohut, mungkin ada beberapa alasan.

Salah satu alasannya mungkin karena olahraga membantu meningkatkan aliran darah dan getah bening, yang pada gilirannya membantu mengedarkan sel-sel kekebalan ke seluruh tubuh dan dengan demikian meningkatkan peluang mereka untuk mendeteksi sesuatu yang asing, Kohut menjelaskan.Selanjutnya, selama percobaan pada tikus, para peneliti menemukan bahwa jenis protein (yaitu, interferon alfa) yang dihasilkan selama latihan membantu menghasilkan antibodi spesifik virus dan sel T."Ada begitu banyak perubahan yang terjadi saat kita berolahraga,  metabolisme, biokimia, neuroendokrin, peredaran darah. Jadi, mungkin ada kombinasi faktor yang berkontribusi pada respons antibodi yang kami temukan dalam penelitian kami," kata Kohut, seperti dikutip Science Sehari-hari.

Namun, ia menggarisbawahi perlunya penelitian lebih lanjut untuk menjawab mengapa dan bagaimana.Sementara para peneliti masih melacak respons antibodi pada peserta enam bulan setelah imunisasi, mereka juga meluncurkan penelitian lain yang berfokus pada efek olahraga pada orang yang menerima suntikan booster. (*)