Find Us On Social Media :

WHO Memperingatkan Munculnya Strain XE Mutan Covid Baru, Hibrida Dua Subvarian Omicron

WHO memperingatkan munculnya galur mutan Covid baru XE .

GridHEALTH.id - Di tengah kekhawatiran bahwa varian Omicron BA.2 dapat menyebabkan gelombang ke-4 Covid, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan peringatan tentang strain mutan Covid lainnya.

Menurut WHO galur mutan Covid baru XE adalah galur hibrida dari dua subvarian Omicron: garis keturunan BA.1 dan BA.2.

Mengenai, studi pendahuluan telah menyarankan bahwa galur XE memiliki kecepatan tingkat pertumbuhan 10 % dibandingkan dengan varian BA.2.

Sejauh ini, para peneliti telah mengidentifikasi tiga galur rekombinan: XD, XE dan XF. Varian XD dan XF merupakan kombinasi dari Delta dan BA.1.

Sebuah studi oleh Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengklaim varian XD adalah hibrida dari garis keturunan Delta Prancis dan BA.1, dan pada dasarnya terdiri dari berbagai 10 urutan.

Varian XF, di sisi lain, dikatakan sebagai hibrida dari garis keturunan Delta Inggris dan BA.1.

Dalam laporannya, WHO mengatakan bahwa varian XE baru, yang merupakan campuran dari garis besar BA.1 dan BA.2 Inggris, pertama kali terdeteksi di Inggris pada 19 Januari 2022. Lebih dari 600 urutan telah dilaporkan dan dikonfirmasi sejak saat itu.

"Perkiraan awal menunjukkan kecepatan penularan di masyarakat adalah 10% lebih cepat  dibandingkan dengan BA.2, namun temuan ini memerlukan konfirmasi lebih lanjut," bunyi laporan WHO. Dari ketiganya, XD tampaknya lebih mengkhawatirkan, menurut ahli virologi.

Seperti apa pandemi Covid-19 di tahun 2022? PBB baru-baru ini menetapkan tiga kemungkinan jalur yang mungkin diikuti oleh pandemi Covid-19 pada tahun 2022 dengan memperingatkan bahwa varian baru yang lebih ganas dapat mengintai sewaktu-waktu.

 Baca Juga: Update Covid-19, Kasus Tanpa Gejala Meningkat di Shanghai Saat Omicron Kembali Melanda Cina, Indonesia Terdeteksi Sudah Kemasukan Omicron BA.2

Baca Juga: Tidur Lagi Setelah Sahur Wajib Tunggu 2 Jam, Ternyata Ini Alasannya

Sementara tingkat keparahan penyakit yang disebabkan oleh virus kemungkinan besar akan berkurang seiring waktu dengan kekebalan publik yang lebih besar, ada kemungkinan munculnya varian kekhawatiran yang lebih berbahaya daripada Omicron, sarannya.