Find Us On Social Media :

WHO Selidiki Efek Samping Langka Vaksin Pfizer Covid-19, 80% Penerima Mengeluh Gangguan Telinga

Beberapa penerima vaksin Covid-19 Pfizer mengeluh telinga berdenging.

GridHEALTH.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa tim mereka sedang mencari kemungkinan efek samping pada telinga yang terkait dengan vaksin Covid- Pfizer.

Dalam laporan baru-baru ini, beberapa penerima vaksin Covid-19 Pfizer mengeluh menderita beberapa masalah pendengaran yang langka, terutama tinnitus, atau telinga berdenging.

Menurut laporan tersebut, WHO telah mencatat bahwa sekitar 367 kasus tinnitus dan 164 kasus gangguan pendengaran terdaftar dari berbagai negara setelah menerima jab Pfizer.

Mereka lebih lanjut menambahkan bahwa sebagian besar kasus ini dicatat dalam 24 jam pertama setelah suntikan.

Menyebut efek samping yang langka ini, WHO mengatakan, "Jumlah total kasus gangguan pendengaran ini dari 11 juta penerima vaksin, yang menjadikannya efek samping suntikan yang sangat langka."

Berbicara tentang kelompok usia mana yang paling banyak mengeluhkan kasus gangguan telinga langka ini, WHO mengatakan bahwa orang-orang yang melaporkan tinnitus berkisar antara usia 19 hingga 91 tahun, dan hampir tiga perempatnya adalah wanita.

Penerima ini terutama dari negara-negara seperti Inggris, dan AS. Dan banyak dari pasien ini telah pulih dari infeksi juga.

Beberapa gejala yang mereka alami adalah suara berdenging, berdengung, atau mendesis di salah satu atau kedua telinga.

Namun, baik CDC dan WHO telah menyatakan bahwa mereka masih menyelidiki kasus tersebut. "Sejauh ini tidak diketahui penyebab tinnitus, dan juga tidak ada bukti bahwa vaksin dapat menyebabkan masalah pendengaran".

Baca Juga: Healthy Move, 5 Latihan Untuk Membentuk Bahu Kokoh dan Kencang

Baca Juga: Kekurangan Natrium Menyebabkan Pembengkakan Cairan di Otak, Kebanyakan Tidak Disadari Padahal Membahayakan Nyawa

Baca Juga: Gejala Omicron Hilang Lebih Cepat dari Delta Pada Orang yang Telah Divaksinasi Covid-19, Studi

Mengalami beberapa efek samping setelah mendapatkan suntikan vaksin sangat umum. Vaksin Covid-19 Pfizer juga menyebabkan beberapa efek samping umum yang ringan dan bertahan selama satu atau dua hari.

Beberapa  efek samping yang dilaporkan  antara lain demam, sakit di tempat suntikan, sangat lelah, sakit kepala ringan sampai sedang, dan telinga berdenging. (*)