Find Us On Social Media :

Inilah Daftar Lengkap Vaksinasi Wajib untuk Anak-anak dan Dewasa

Imunisasi tak hanya bagi anak-anak, tapi penting juga untuk orang dewasa.

GridHEALTH.idImunisasi merupakan langkah yang dilakukan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, dengan cara memasukkan vaksin.

Vaksin yang sudah dimasukkan ke dalam tubuh, nantinya akan membuat sistem pertahanan tubuh bereaksi dan membentuk antibodi.

Dilansir dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, secara global vaksinasi telah menyelamatkan lebih dari lima nyawa setiap menit dan mencegah kasus tiga juta kematian per tahunnya.

Agar seluruh anggota masyarakat terlindungi, imunisasi dilakukan tidak hanya pada anak-anak, tapi juga orang dewasa.

Vaksinasi wajib anak

Vaksinasi wajib anak terbagi dalam 14 antigen, yang tediri dari beberapa jenis imunisasi berikut ini:

1. Vaksin hepatitis B : Diberikan saat bayi berusia 1 bulan, sebanyak 4 kali dengan, sebelum usianya 6 bulan.

2. Vaksin BCG : Dilakukan untuk melindungi bayi dari penyakit saluran pernapasan seperti tuberkulosis, yang diberikan saat usianya 1 bulan.

3. Vaksin Polio : Imunisasi wajib yang bisa dilakukan dengan cara oral maupun injeksi. Diberikan kepada anak-anak ketika mereka berusia 0 atau 1, 2, 3, dan 4 bulan dengan interval minimal 4 minggu.

Baca Juga: Mengenal Jenis Vaksin Kanker, Ini yang Tengah Disiapkan Menkes Budi Jadi Vaksin Wajib

4. Vaksin DPT-HB Hib: Perlindungan bagi anak dari penyakit difteri, pertusis, dan tetanus. Vaksinasi DPT-HB Hib dilakukan saat anak berusia 2 bulan dan diberikan sebanyak 3 kali, dengan interval empat minggu.

5. Vaksin Campak, Mumps, dan Rubella (MMR): Vaksin MMR diberikan saat buah hati berusia 9 bulan dan diulangi lagi, ketika sudah berumur 18 bulan untuk meningkatkan efektivitasnya.