Find Us On Social Media :

Terungkap, Ini Rahasia Masjidil Haram Bebas Covid-19 Selama Ramadan

Petugas pembersih membersihkan titik air Zamzam, setelah merebaknya virus corona, di Masjidil Haram di kota suci Mekah, Arab Saudi, pada 3 Maret 2020 lalu.

GridHEALTH.id - Kabar baik diungkap Menteri Kesehatan Arab Saudi, Fahd Al-Jalajel.

Dimanan menurutnya, selama Ramadan kali ini tidak ada kasus Covid-19 di antara para jamaah umrah dan pengunjung di Mekkah.

Kondisi ini tentu menjadi kabar baik, dalam artian sistem kesehatan yang dijalankan cukup berhasil dalam menangkal penularan virus Covid-19.

Al-Jalajel pun mengungap rahasia keberhasilan pihaknya ini.

Dilansir dari Arab News, Al-Jalajel mengatakan pihaknya kementerian kesehatan telah merekrut lebih dari 18.000 pekerja untuk memberikan layanan kesehatan pada jamaah umrah.

Selama 20 hari pertama Ramadan, lebih dari 7.200 tamu Allah menerima perawatan di Rumah Sakit Al-Haram dan berbagai pusat lainnya.

Capaian positif ini terjadi karena pemerintah gesit memberikan bantuan perawatan medis holistik untuk jamaah di rumah sakit dan pusat perawatan kesehatan primer di wilayah Mekkah dan di Masjidil Haram.

Capaian terbaru Arab Saudi adalah pada Jumat (22/4), negara tersebut mencatat tidak ada satupun kematian yang diakibatkan oleh Covid-19, dengan 117 dinyatakan positif dan 236 sembuh.

Lebih dari 740.244 orang pasien juga tercatat sudah pulih berkat program vaksinasi gratis pemerintah, di mana lebih dari 64 juta dosis vaksin telah diberikan di 587 pusat kesehatan.

Baca Juga: Waspada Klaim Suplemen dan Obat Covid-19, Ini Faktanya di Ungkap Ahli

Kementerian kesehatan Arab Saudi juga terus menyerukan kepada orang tua untuk memvaksinasi anak-anak mereka yang berusia antara 5 dan 11 tahun.

Hal ini dilakukan untuk melindungi mereka dari varian dan komplikasi covid-19 lainnya.