Find Us On Social Media :

Cegah Penularan Covid-19 di Kampung Halaman, Ini 4 Salam Pengganti Jabat Tangan Saat Lebaran

Biasanya, saat Idul Fitri, umat Islam saling memberi dan meminta maaf kepada sanak saudara atau tetangga dengan bersalam-salaman.

GridHEALTH.id - Pandemi Covid-19 di Indonesia memang masih terjadi meski angka kasusnya cenderung melandai.

Karenanya penting bagi kita untuk tetap mencegah penularan Covid-19, termasuk saat Lebaran Idul Fitri 2022.

Diketahui saat lebaran, umat Islam saling memberi dan meminta maaf kepada sanak saudara atau tetangga dengan bersalam-salaman atau berjabat tangan.

Disisi lain kontak langsung jadi salah satu penyebab penularan Covid-19 paling sering.

Karenanya Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas, menegaskan umat Muslim yang biasanya pada saat Hari Raya Idul Fitri melakukan salam-salaman, di masa pandemi seperti ini boleh untuk tidak melakukannya.

Sebab usaha menjaga dan melindungi diri masing-masing agar tidak jatuh ke dalam hal-hal yang akan membahayakan kesehatan adalah hal yang lebih utama.

"Apalagi dalam agama menjaga diri untuk tidak terjatuh ke dalam bencana dan malapetaka itu hukumnya adalah wajib, sementara bersalam-salaman itu hukumnya hanya sunat," kata Anwar dikutip dari Kompas.com (16/5/2020).

Lantas apa pengganti jabat tangan yang bisa kita lakukan saat lebaran?

Dilansir dari TribunStyle (12/5/2021), Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Siloam Karawaci, Tangerang, dr. Vito Anggraino Damay Sp. JP (K), M. Kes memberi sedikitnya empat alternatif.

Baca Juga: Kondisi di China Makin Parah, Warga Wajib Tes Covid Sebanyak Tiga Kali

Berikut empat salam yang bisa dilakukan di momen Lebaran Idul Fitri tanpa harus berjabat tangan dan tetap aman dari penularan Covid-19.

1. Namaste