Find Us On Social Media :

Gejalan Hepatitis yang Sering Tidak Disadari, Berikut Jenis dan Pencegahannya

Tingkatkan kesadaran hepatitis dengan mengetahui gejalanya.

GridHEALTH.id – Setiap Mei, di Amerika Serikat diperingati sebagai bulan kesadaran hepatitis.

Belakangan ini, penyakit tersebut juga menjadi kekhawatiran dunia setelah menjangkit anak-anak di Eropa dan Amerika Serikat. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pekan lalu melaporkan adanya kasus kematian akibat penyakit tersebut.

Apa itu penyakit hepatitis? Melansir laman niddk.nih.gov,  hepatitis merupakan penyakit infeksi akibat virus hepatitis, yang menyebabkan peradangan hati.

Hati merupakan organ tubuh yang mempunyai peran penting untuk memproses nutrisi, metabolisme, dan menghilangkan racun dari tubuh.

Terdapat beberapa jenis hepatitis yang bisa terjadi, tapi tiga yang paling sering yakni hepatitis A, B, dan C.

Hepatitis A

Melansir Mayo Clinic, hepatitis A disebabkan oleh virus yang menyebar melalui makanan yang diolah oleh penderita hepatitis, minum air yang sudah terkontaminasi, melakukan kontak langsung dengan penderita, hingga makan kerrang mentah dari air yang tercemar limbah.

Hepatitis A jarang menyebabkan kerusakan hati yang permanen dan orang yang sudah dinyatakan sembuh, memiliki kekebalan terhadap virus.

Hepatitis B

Baca Juga: Pengobatan Hepatitis, Penyakit Infeksi yang Buat Hati Meradang

Jenis hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV), yang ditularkan melalui darah, air mani, atau cairan tubuh yang lainnya. Kondisi ini juga bisa ditularakna oleh ibu kepada anak, saat proses persalinan.

Hepatitis B kronis yang tidak ditangani, dapat menyebabkan komplikasi serius seperti sirosis, gagal hati, kanker hati, hingga gangguan Kesehatan lain seperti penyakit ginjal atau radang pembuluh darah.