Find Us On Social Media :

Menu Sahur Gorengan Tapi Sehat dan Tetap Lezat, Ini Resepnya

Cara membuat gorengan sehat tapi tetap lezat. Perhatikan bahan, minyak, dan cara menggoreng.

GridHEALTH.id - Gorengan adalah menu favorit di Indonesia.

Karenanya gorengan dijuliki makanan sejuta umat.

Malah di Ramadan gorengan seolah menjadi menu wajib berbuka dan sahur. Sepertinya tidak nikmat dan ada yang kurang jika tidak hadir gorengan dalam menu buka sahur.

Tapi hati-hati, gorengan, sesuai namanya, tentu tinggi lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan penikmatinya.

Risiko dari terlalau sering mengonsumsi gorengan pun tidak main-main, mulai dari penyakit darah tinggi, penyakit jantung, hingga stroke siap mengintai.

Tapi kalau kadung suka bagaimana?

Tenang, tidak semua gorengan bisa berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Ada juga gorengan yang sehat dan aman bagi kesehatan.

Untuk mendapatkan gorengan sehat, baiknya membuat sendiri. Karena dengan membuat sendiri mulai dari bahan, pemilihan minyak goreng, dan cara memasak bisa sesuai yang direkomendasikan untuk membuat gorengan sehat.

Baca Juga: Jika Mengalami Hal Ini Artinya Gejala Kekurangan Vitamin A, B, C, dan D

Berikut cara membuat gorengan sehat untuk anggota keluarga tercinta, seperti dikutip dari Buku Enak Sih Tapi... (2014) karya Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz, dilansir dari Kompas.com (28/02/2020).1. Perhatikan suhuGunakan minyak dan suhu yang tepat saat membuat gorengan.Hal ini bertujuan untuk menurunkan senyawa berbahata dari gorengan tersebut.Suhu minyak yang direkomendasikan untuk menggoreng, yakni tidak boleh lebih dari 180 derajat celsius.2. Pakai minyak sayurGunakanlah minyak sayur seperti minyak kelapa atau mintak kelapa sawit karena mengandung lebih sedikit lemak jenuh.3. Pilah bahan makanan yang digorengHindari bahan makanan yang banyak menyerap minyak, seperti jamur.

Baca Juga: Maksimalkan Nutrisi di Minggu Terakhir Puasa Dengan Susu Kurma