Find Us On Social Media :

6 Penyebab Nyeri Ulu Hati, Bukan Cuma Karena Asam Lambung Naik

Kenali berbagai penyebab ulu hati terasa sakit.

GridHEALTH.idNyeri ulu hati biasa dirasakan di bagian tengah perut, tepat di bawah tulang rusuk.

Saat ini terjadi, seseorang mungkin akan merasa tidak nyaman. Kebanyakan orang berpikir bahwa nyeri ulu hati disebabkan oleh asam lambung naik.

Namun tahukah kalau sebenarnya, ada beberapa masalah kesehatan lain yang juga bisa menyebabkan nyeri ulu hati.

Bahkan, gangguan kesehatan tersebut cukup serius sehingga bisa mengancam jiwa orang yang mengalaminya jika tidak ditangani dengan benar. Berikut ini adalah beberapa penyebab nyeri ulu hati selain asam lambung naik.

1. Gangguan pencernaan

Dilansir dari OPA.org.uk, gangguan pencernaan biasa terjadi setelah makan. Ini karena usai makan, perut menghasilkan asam untuk mencerna makanan. Terkadang asam tersebut bisa mengiritasi lapisan sistem pencernaan.

Adapun gejala gangguan pencernaan yakni bersendawa, kembung, cepat kenyang, mual, dan nyeri ulu hati.

2. Peradangan lambung (gastritis)

Gastritis merupakan peradangan pada lapisan lambung, yang bisa dipicu oleh naiknya asam lambung, infeksi, dan iritasi obat-obatan tertentu. Beberapa gangguan sistem kekebalan juga bisa menyebabkan peradangan.

Baca Juga: Nyeri Ulu Hati Ganggu Aktivitas, Atasi dengan 7 Makanan Ini

Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bsia menyebabkan luka di jaringan atau pendarahan. Gejala lain yang perlu diwaspadai yakni rasa asam di mulut, batuk tidak berhenti, sulit menelan, mual, sensasi terbakar di dada, dan muntah darah.

3. Intoleransi laktosa