Find Us On Social Media :

Pengobatan Hepatitis Akut Misterius pada Pasien Anak, Dengan Cara Ini

Pengobatan hepatitis akut misterius menggunakan pengobatan suportif.

GridHEALTH.id - Penyakit hepatitis akut yang tengah melanda banyak negara masih menjadi misteri bagi para ahli kesehatan di dunia.

Sebab sampai saat ini penyebab dan cara penularan penyakit tersebut masih belum diketahui secara pasti alias penyakit unknown etimiologi.

Selain itu pengobatan penyakit hepatitis akut misterius ini juga masih bersifat penunjang atau dengan pengobatan suportif.

Hal itu seperti diungkap Ketua Unit Kerja Gastro-Hepatologi IDAI sekaligus Ahli Gastrohepatologi Anak, Muzal Kadim, pada Minggu (08/05/2022), dalam Acara Tanya Jawab dengan Media yang diikuti GridHEALTH.id.

Menurut Muzal, pengobatan suportif dilakukan dokter dan tenaga medis lainnya supaya sistem imun pasien menjadi lebih kuat.

Ini penting, sebab penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus seperti hepatitis bisa dilawan dengan sistem imun yang kuat.

"Virus ini sembuhnya sebagian besar oleh kekebalan tubuhnya sendiri. Jadi pengobatan yang diberikan sebetulnya suatu pengobatan yang suportif atau penunjang," ujarnya.

Muzal mengatakan jika anak dengan hepatitis akut mengalami demam, maka pihak tenaga kesehatan akan memberikan obat demam.

Dengan kata lain, pengobatan dilakukan tergantung pada gejala yang dialami pasien.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Saat Anak Alami Gejala Hepatitis Akut Misterius

"Jadi kebanyakan pengobatannya adalah supportif, penunjang dan itu penting. Kalau untuk hepatitis ini sangat penting penunjang ini."

"Misalnya kalau kasus yang ringan pasti tirah baring, istirahat, makan cukup, kemudian minum cukup."