Find Us On Social Media :

5 Gejala Asam Urat atau Gout yang Tak Boleh Lagi Disepelekan

Nyeri di pergelangan tangan tanda asam urat.

GridHEALTH.id – Mengenali gejala gout atau asam urat dapat membantu penanganan lebih cepat, serta mencegah terjadinya kondisi lebih serius.

Melansir laman NHS, komplikasi asam urat seperti gout kronis memang cukup jarang terjadi. Namun, jika mengalaminya maka ada risiko persendian rusak.

Asam urat kronis bisa menyebabkan benjolan kecil berwarna putih yang disebut tophi, muncul di bawah kulit. Umumnya terlihat di telinga, jari-jari, atau siku.

Kalau kondisi ini terjadi, rasa nyeri yang tidak tertahankan pun akan dirasakan.

Selain itu, mengenali gejala gout juga bisa mencegah terjadinya batu ginjal, jika kadar dibiarkan asam urat sangat tinggi.

Penyakit asam urat biasanya menurun dalam keluarga dan paling sering dialami oleh pria yang berusia lanjut.

Namun, sebenarnya siapapun bisa mengalami gout. Apalagi jika mempunyai kondisi yang berisiko terkena asam urat seperti obesitas, mengonsumsi minuman beralkohol, dan wanita yang sudah memasuki masa menopause.

Selain itu, risiko penyakit asam urat juga tinggi bagi orang yang konsumsi obat-obatan diuretik, kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, masalah ginjal, dan diabetes.

Sebelum terjadi komplikasi, penting untuk mewaspadai gejala gout atau asam urat seperti berikut ini.

Baca Juga: Secang Kekayaan Alam Indonesia Untuk Mengatasi Jerawat dan Asam Urat

1. Nyeri intens di persendian

Dilansir dari Kompas.com, Senin (23/05/2022), gejala asam urat atau gout yang paling mudah disadari adalah nyeri yang intens di sendi.