Find Us On Social Media :

Begini Cara Bawang Putih Membantu Mengatasi Gatal Pada Vagina

Bawang putih bisa digunakan untuk mengatasi gatal pada vagina.

GridHEALTH.id - Ada banyak alasan untuk gatal pada vagina dan salah satu alasan paling umum adalah infeksi bakteri atau jamur.

Salep dan gel yang diresepkan sering dianggap bermanfaat dalam mengobati infeksi semacam itu, namun ada banyak pengobatan rumahan yang juga dapat membantu mengatasi masalah ini.

Bawang putih bahan dapur yang paling umum, menurut penelitian dianggap sebagai obat yang efektif untuk gatal-gatal pada vagina.

Bahkan disebut-sebut sebagai pembunuh candida yang berarti paling efektif dalam mengobati infeksi bakteri dan infeksi jamur yang dapat menyebabkan gatal-gatal di daerah tersebut.

Karena ada penelitian laboratorium terbatas yang berhubungan dengan kemanjuran bawang putih untuk mengobati gatal-gatal pada vagina, beberapa ahli berpendapat bahwa bawang putih mungkin bukan obat rumahan yang ideal untuk mengobati gatal-gatal pada vagina.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Antimicrobial Agents Chemotherapy pada tahun 2005 menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih efektif dalam mengobati sejenis infeksi jamur yang disebut candida albicans.

Terlihat bahwa 3 sampai 5 mg bawang putih memiliki efek pada patogen ragi setelah 48 jam. Jadi penelitian menyimpulkan bahwa bawang putih dapat secara efektif mengurangi keparahan infeksi dan gejala yang ditimbulkan, seperti gatal pada vagina, kekeringan, dll. Salah satu cara menggunakan bawang putih untuk mengobati gatal pada vagina adalah dengan meningkatkan asupan melalui diet. Gunakan bawang putih setiap kali memasak.

Sebagai alternatif, kita juga bisa mengunyah tiga sampai empat siung dalam sehari untuk membatasi penyebaran infeksi dan gatal-gatal pada vagina berikutnya.

Baca Juga: Pengobatan Rumahan, Atasi Hidung Tersumbat dengan Bawang Putih

Baca Juga: Fakta Mengejutkan Tentang Penyebab Demam Pada Lansia, Bukan Sekadar Infeksi

Namun, jangan berharap hal-hal berubah menjadi kebaikan secara instan. Mungkin butuh sekitar dua hari untuk merasakan hasilnya.

Jika mengalami terlalu banyak rasa gatal maka mungkin lebih baik pergi ke dokter untuk bantuan segera.Beberapa orang tidak menyukai rasa bawang putih yang menyengat dan untuk beberapa orang, bau mulut yang ditimbulkannya bisa mengganggu.