Find Us On Social Media :

Tercium Bau Telur Busuk saat Sendawa? Ternyata Ini 5 Penyebabnya

Alasan sendawa beraroma tidak sedap, di antaranya konsumsi makanan tertentu.

GridHEALTH.idSendawa sering terjadi secara tidak sadar dan dialami oleh segala kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Sebenarnya, sendawa merupakan eruktasi. Eruktasi terjadi saat gas bergerak dari lambung, naik ke kerongkongan, dan keluar lewat mulut.

Gas tersebut umumnya berasal dari sekitar, seperti udara yang tertelan ketika sedang makan atau minum.

Melansir Queensland Health, jika gas berlebih masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan berusaha mengeluarkannya dengan cara sendawa.

Sendawa paling sering terjadi apabila makan atau minum terlalu cepat. Bisa juga karena berbicara sambil makan.

Hal yang wajar jika seseorang sendawa. Karena menurut National Institute of Health, dalam satu hari seseorang bisa sendawa 13 hingga 21 kali.

Akan tetapi, kondisi ini perlu diwaspadai jika tercium bau tidak sedap saat sendawa. Bau saat sendawa bisa jadi tanda ada yang salah dengan tubuh.

“Ini disebut dengan sendawa belerang karena jenis gas, hidrogen sulfida, dibuat di saluran pencernaan,” kata Niket Sonpal, M.D., ahli gastroenterologi dan asisten profesor klinis di Touro College of Osteopathic Medicine New York.

Dijelaskan bahwa bau tidak sedap yang tercium saat sendawa, seperti bau telur busuk, bisa disebabkan karena kondisi berikut, dilansir dari Prevention.

 Baca Juga: Ibu Hamil Muda Bisa Kentut dan Sendawa Puluhan Kali Dalam Sehari, Waspada Kelebihan Gula

1. Konsumsi makanan tinggi sulfur

Bau telur busuk yang keluar saat sendawa umumnya disebabkan oleh gas hidrogen sulfida yang dibuat saat tubuh mencerna makanan tinggi sulfur.