Find Us On Social Media :

Ketombe Sebabkan Rambut Rontok? Lakukan Ini untuk Membasminya

Ketombe menyebabkan rambut rontok.

GridHEALTH.idKetombe adalah masalah rambut yang sudah sering dialami oleh orang-orang. Setidaknya seseorang pernah mengalami kondisi ini sekali dalam hidupnya.

Ketombe merupakan kondisi yang menyebabkan kulit kepala mengelupas. Serpihan ketombe yang berwarna putih, lebih mudah terlihat pada seseorang dengan rambut gelap.

Dilansir dari NHS, adanya ketombe di kulit kepala, bukan karena kebersihan yang buruk. Meskipun, kondisi ini tentu bisa terjadi jika tidak rutin mencuci rambut.

Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang memang berisiko menyebabkan ketombe, seperti sedang stres, pengaruh suhu udara, dan kondisi medis.

Beberapa gangguan medis yang bisa menyebabkan ketombe adalah dermatitis seboroik, tinea captis atau kurap, eksim, dermatitis kontak, psoriasis, atau cradle cap.

Ketombe bukan merupakan penyakit menular, tapi jika dibiarkan kondisi ini bisa menimbulkan masalah lain.

Masalah yang kerap timbul akibat ketombe adalah rambut rontok. Apa sebenarnya yang membuat ketombe sebabkan rambut rontok?

Melansir Patient.info, dermatologis Dr Sharon Wong dari London Bridge Hospital mengatakan, rambut rontok karena ketombe bisa disebut dengan pityriasis amiantacea.

Kondisi tersebut merupakan gambaran dari kulit kepala yang bersisik, menurut Wong.

Baca Juga: 5 Penyebab Pria Botak di Bagian Depan, Usia Hingga Pilihan Gaya Hidup

Pityriasis amiantacea paling sering dialami oleh orang-orang yang memiiliki masalah pada kulit sebelumnya.

Penyakit kulit tersebut misalnya psoriasis atau eksim. Sehingga memicu terjadinya kerontokan pada rambut.