Find Us On Social Media :

Inilah Bahan Galon Air Minum Kemasan yang Aman dan Biasa Digunakan

Jangan sampai salah pilih galon air minum yang aman bagi kesehatan.

GridHEALTH.id - Masyarakat dibuat khawatir dengan adanya berita mengenai penggunaan plastik yang diduga memicu penyakit serius dalam tubuh, sedangkan dalam kehidupan sehari-hari plastik seringkali dipilih menjadi bahan untuk mengemas makanan dan minuman.

Termasuk di dalamnya penggunaan plastik untuk galon air minum.

Lalu sebenarnya bahan apa saja yang biasa dipakai untuk pembuatan galon air minum

Pemilihan bahan kemasan untuk air minum telah diatur oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), di dalam aturan tersebut dijelaskan bahan apa saja yang diperbolehkan menjadi wadah dan bersentuhan langsung dengan makanan atau minuman.

Dirangkum dari  International Bottled Water Association (IBWA) ada beberapa jenis wadah yang biasa digunakan untuk menampung air minum kemasan, antara lain:

Plastik

Bahan yang sangat umum digunakan adalah plastik, namun tidak semua jenis plastik diijinkan penggunaannya, hanya beberapa jenis plastik yang boleh digunakan untuk wadah makanan atau minuman, antara lain:

- Polyethylene terephthalate (PET), dengan kode daur ulang #1

Bahan ini yang paling banyak dikenali orang, biasanya digunakan pada air kemasan setengah liter dan air kemasan portabel, beberapa perusahaan juga menggunakan untuk ukuran air galon nomor 3 dan 4.

Baca Juga: Jenis-jenis Air Minum dalam Kemasan dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan

 PET sudah digunakan untuk membungkus makanan dan minuman selama 35 tahun lebih dan tidak mengandung BPA, sehingga ramah untuk anak 

- High density polyethylene (HDPE), dengan kode daur ulang #2