Find Us On Social Media :

Kasus Hepatitis Akut Misterius Baru, Ada 9 Orang di Jakarta Barat

Ditemukan kasus hepatitis akut misterius di Jakarta barat, ada 9 orang.

GridHEALTH.id - Kementerian Kesehatan RI telah meningkatkan kewaspadaan dalam dua pekan setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) pada kasus Hepatitis Akut misterius pada 15 April 2022.

Dilansir dari SehatNegeriku, Senin (2/5/2022), penyebab hepatitis akut ini masih misterius alias belum diketahui penyebabnya.

Para ahli masih melakukan penyelidikan penyakit yang kali pertama teridentifikasi di Inggris, pada 5 April 2022 ini.

Setelah beberapa waktu lalu ditemukan kasus pertama di Indonesia, tepatnta di RSCM, Jakarta, meninggal pada akhir April 2022, baru saja Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta barat mencatatkan, setidaknya sembilan orang diduga terjangkit hepatitis akut misterius di wilayahnya.

Satu di antara pasien tersebut meninggal dunia, sedangkan delapan lainnya dinyatakan sembuh.

"Delapan pasien yang diduga mengidap hepatitis akut telah dinyatakan sembuh," kata Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Sudinkes Jakarta Barat, Arum Ambarsari, saat dikonfirmasi, Jumat (10/06/2022), dilansir dari Kompas.com (10/06/2022).

Kesembilan pasien tersebut masuk dalam dua klasifikasi, beber Arum.

Dua pasien, katanya, masuk dalam kategori "probable" dengan peningkatan kadar enzym hati di atas 500.

Tujuh pasien lainnya ada dalam kategori "suspek" dengan peningkatan kadar enzym di bawah 500.

Baca Juga: Kamu Harus Tau, Ini Daftar Penyakit dan Layanan yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Selain sembilan pasien yang diduga menderita hepatitis akut, Arum mengatakan saat ini terdapat dua pasien yang masuk klasifikasi pending atau masih menunggu pemeriksaan varian hepatitis lain.

"Kasus pending artinya masih menunggu hasil pemeriksaan Hepatitis A, B, C, D dan E. Apabila salah satu ada yang positif, maka dikeluarkan dari kasus Hepatitis misterius. Nah, saat ini terdapat dua kasus pending," jelas Arum.