Find Us On Social Media :

Payudara Sebelah Kiri Sakit, Indikasi Masalah Jantung

Kenali penyebab dari rasa sakit yang muncul pada payudara sebelah kiri. Bisa jadi masalah jantung.

GridHEALTH.id - Rasa sakit pada payudara seringkali dialami oleh sebagian wanita, dan gejala yang ditimbulkan pun berbeda-beda dengan berbagai faktor lainnya yang mendukung.

Rasa sakit pada payudara bisa menunjukkan gejala dari beberapa penyakit, mulai dari penyakit biasa hingga penyakit serius dan indikasi masalah jantung, oleh karena itu penting untuk mengenali letak posisi sakit pada payudara dan penyebabnya, salah satunya adalah payudara sebelah kiri.

Tubuh bagian kiri terdiri dari berbagai jenis organ vital, seperti jantung, limpa, lambung, pankreas, usus besar, paru-paru kiri, payudara kiri, dan ginjal kiri, begitupun pada payudara wanita di dalamnya mengandung otot dan jaringan-jaringan pembentuk yang dapat mempengaruhi munculnya rasa sakit.

Penyebab berasal dari jantung dan dada

1. Serangan jantung - jantung, letaknya yang berada di sebelah kiri dan tengah dada seringkali saat terasa sakit menjalar hingga ke payudara, yang menyebabkan timbulnya rasa sakit juga pada payudara.

2. Perikarditis - seringkali rasa sakit pada payudara berasal dari perikardium (membran tipis berlapis dua yang mengelilingi bagian luar jantung) yang terluka.

3. Sindrom tangkapan prekordial - sindrom yang terjadi karena cedera pada dada dan masih menjadi sindrom yang dapat diatasi.

4. Kostokondritis - peradangan tulang rawan yang menempel di tulang rusak hingga terasa sakit pada payudara.

5. Cedera dada - berbentuk pukulan yang melukai bagian dada.

Baca Juga: Ini Dia 9 Penyebab Mengapa Payudara Sakit Hanya di Sebelah Kanan

 6. Pleuritis - rasa sakit yang ditimbulkan dari iritasi dan peradangan pada bagian selaput yang mengelilingi paru-paru dan melapisi bagian dalam rongga dada.

Penyebab masalah pencernaan