Find Us On Social Media :

Ini Berbagai Kondisi yang Menyebabkan Pasien Membutuhkan Terapi Infus

Terapi infus diberikan ketika obat oral tidak lagi efektif menyembuhkan.

GridHEALTH.id - Terapi infus adalah ketika obat atau cairan diberikan melalui jarum atau kateter, biasanya secara intravena (IV).

Ini adalah cara memberikan obat yang tidak dapat diminum secara oral, atau yang perlu dikeluarkan dengan kecepatan yang terkendali.

Jenis lain terapi infus meliputi epidural, intramuskular dan subkutan.

Pemberian infus dilakukan ketika beberapa obat tidak dapat diminum secara oral karena kehilangan keefektifannya saat terkena sistem pencernaan .

Tepatnya, terapi infus adalah alternatif ketika tidak ada terapi oral yang sebanding atau ketika kita tidak dapat minum obat oral.

Jika kita pernah menghabiskan waktu di rumah sakit, kita mungkin pernah menerima infus untuk memastikan kita  tetap terhidrasi dan agar obat lain dikirim dengan cepat, jika diperlukan. Itu adalah jenis terapi infus. Begitu juga pompa insulin yang melepaskan insulin tepat di bawah kulit.

Terapi infus juga dapat digunakan untuk memberikan nutrisi, serta berbagai jenis obat, termasuk antibiotik, antiemetik, antijamur, antivirus, biologi, faktor darah, kemoterapi, dan kortikosteroid.

Terapi infus juga diberikan untuk hormon pertumbuhan, penggantian imunoglobulin, imunoterapi dan obat jantung inotropik

Terapi infus  sering digunakan karena memungkinkan pemberian dosis yang terkontrol. Beberapa jenis kemoterapi, misalnya, perlu diteteskan secara perlahan ke dalam aliran darah.

Baca Juga: Tak Ada Perawat Bisa Pasang Infus, Bayi Baru Lahir Ini Meninggal Dunia

Baca Juga: Menteri Tjahjo Kumolo Masih Jalani Rawat Inap, Disebut Terkena Infeksi Paru, Ini Gejalanya

Obat lain perlu mencapai aliran darah dengan cepat dalam situasi hidup dan mati seperti syok anafilaksis, serangan jantung, keracunan dan mengalami pukulan