Find Us On Social Media :

Healthy Move, Pemanasan Penting Dilakukan Sebelum Olahraga, Ini Bedanya dengan Peregangan

Pose anak atau child pose adalah pemanasan yang tepat sebelum berolahraga.

GridHEALTH.id - Pemanasan (warming-up) adalah bagian penting dari setiap rejimen olahraga. Ini membantu tubuh untuk beradaptasi dengan peningkatan kebutuhan oksigen, meningkatkan fleksibilitas, dan meningkatkan efisiensi otot.

Pemanasan yang tepat membantu meningkatkan detak jantung  secara bertahap sehingga tubuh tidak stres selama latihan.

Itu sebabnya kita disarankan untuk melakukan pemanasan yang tepat sebelum melakukan aktivitas fisik apa pun.

Dikutip dari The British Journal of Sport Medicine, pemanasan berguna untuk memberikan waktu pada tubuh, otot, dan seluruh jaringan tubuh untuk terhidrasi dan siap menerima gerakan olahraga.

Pemanasan juga meningkatkan suhu tubuh sehingga saraf lebih sensitif dan mengurangi kemungkinan cedera.

Pemanasan juga meningkatkan suplai oksigen ke otot yang berdampak meningkatkan kinerja dan efisiensi otot serta meminimalkan nyeri otot.Tidak melakukan pemanasan yang tepat sebelum berolahraga sangat meningkatkan kemungkinan ketegangan otot, seperti ketegangan hamstring.

Kerusakan lain yang mungkin terjadi meliputi nyeri dan kekakuan otot, peningkatan denyut jantung dan tekanan paru, bisa menyebabkan otot robek, cedera sendi dan pusing di saat olahraga.

Rutinitas pemanasan sebaiknya disesuaikan dengan olahraga yang akan dilakukan. Ketika akan berjalan atau melakukan yog seta latihan beban, kita dapat melakukan child pose.

Baca Juga: Healthy Move, Risiko Kesehatan Bila Melewatkan Pemanasan dan Pendinginan Saat Berolahraga

Baca Juga: Pasien Tak Perlu Antre dari Subuh, Pemprov DKI Luncurkan Aplikasi Jak Sehat, Langsung Pilih Dokter dan Tempat Layanan Kesehatan

Child pose  secara sederhana dapat membantu meregangkan bahu, punggung, dan pinggul, area tempat kita mengalami ketegangan fisik saat melakukan olahraga ini.

Jika  ingin jogging atau bersepeda,  kita dapat mencoba posisi downward dog untuk meregangkan kaki, punggung, bahu, tulang rusuk, dan pinggang samping .