Find Us On Social Media :

Saliva atau Air Liur Selalu Dikaitkan Dengan Hal Jorok, Padahal Penting Untuk Tubuh

Jangan salah kira, air liur atau saliva tidak selalu jorok, tetapi memiliki fungsi baik untuk tubuh.

GridHEALTH.id - Saliva atau air liur adalah bagian kecil dari sistem yang bekerja di dalam mulut dan seringkali dianggap sebagai bagian yang jorok dari tubuh.

Jarang dikenali, di balik stigma jorok, saliva atau air liur memiliki peranan penting dalam bagian anggota tubuh untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

Saliva atau air liur adalah cairan bening yang dibuat oleh kelenjar-kelenjar di mulut, di mana kandungan terbesarnya terbuat dari air dengan beberapa kandungan zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan dan menjaga gigi tetap kuat.

Kelenjar yang memproduksi saliva atau air liur, disebut kelenjar ludah yang berada di dalam setiap pipi, di bagian bawah mulut, dan di dekat gigi depan dengan tulang rahang.

Dalam setiap mulut manusia, terdapat 6 kelenjar ludah utama dan ratusan kelenjar kecil lainnya.

Saliva atau air liur akan bergerak melalui saluran yang disebut saluran air liur dan biasanya tubuh membuat 2-4 liter air liur sehari dengan kondisi paling banyak dikeluarkan pada sore hari dan paling sedikit pada malam hari.

Setiap orang memiliki jumlah kadar air liur normal yang berbeda-beda, inilah yang membuat diagnosis masalah air liur sedikit sulit.

Air liur memiliki peranan penting dalam sistem tubuh, inilah fungsi dan peranan dari air liur:

- Menjaga mulut tetap lembab dan nyaman

Baca Juga: 3 Pengobatan Rumahan Untuk Merawat dan Mengatasi Bibir Kering

 - Membantu proses pengunyahan, perasa, dan menelan (semakin keras dalam mengunyah, semakin banyak air liur yang dihasilkan)

- Mencegah bau mulut dan melawan kuman di mulut