Find Us On Social Media :

Dosis Obat Parasetamol , Manfaat, dan Efek Sampingnya, Harus Pas Jika Tidak Ingin Merasakan 4 Hal Ini

Obat parasetamol, pereda nyeri, kenali aturan pakai untuk orang dewasa, manfaat, dan efek sampingnya.

GridHEALTH.id - Parasetamol adalah obat penghilang rasa sakit yang umum digunakan untuk mengobati rasa sakit dan nyeri, juga menurunkan suhu tinggi tubuh.

Biasanya parasetamol dikombinasikan dengan obat penghilang rasa sakit dan anti-penyakit lainnya, salah satunya ada pada obat pilek dan flu.

Penggunaan parasetamol untuk orang dewasa dan anak berbeda, maka ikutilah petunjuk pemakaiannya masing-masing, agar mendapatkan manfaat dan terhindar dari efek samping.

Berikut ini ulasan penggunaan obat parasetamol untuk orang dewasa:

Aturan Pakai

Obat parasetamol biasa tersedia dalam bentuk sirup, tablet, tablet larut, dan kapsul, juga dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makan.

Dosis biasa untuk orang dewasa adalah 1 atau 2 tablet hingga 4 kali dalam 24 jam, dengan jeda per 4 jam antar dosis dan dosis maksimal dalam satu hari adalah 8 tablet, jika ingin mengkonsumsinya kembali tunggu setidaknya 24 jam setelahnya. 

Untuk yang dianjurkan meminum parasetamol secara teratur, maka minumlah sesuai jumlah dan waktu aturannya, jangan pernah mengkonsumsi parasetamol dalam dosis ganda atau dosis ekstra akibat lupa meminumnya.

Obat parasetamol aman untuk diminum bersamaan dengan obat pereda nyeri lainnya, asalkan tidak ada kandungan parasetamolnya, agar terhindar dari overdosis.

Baca Juga: Parasetamol Trending di Twiter Jadi Obat Pereda Nyeri Sejuta Umat, Hati-hati dengan Efek Sampingnya

Bagi yang pernah mengalami kondisi berikut ini, disarankan untuk berhati-hati dalam konsumsi obat parasetamol:

- Memiliki alergi pada obat parasetamol atau obat lainnya