Find Us On Social Media :

Tanda Awal Serangan Jantung Dapat Dilihat dari Mata, Segera ke Dokter Saat Merasakannya

Tanda serangan jantung.

GridHEALTH.id - Serangan jantung adalah keadaan darurat medis.Serangan jantung biasanya terjadi ketika gumpalan darah menghalangi aliran darah ke jantung.Tanpa darah, jaringan kehilangan oksigen dan mati.Gejala berupa rasa sesak atau nyeri di dada, leher, punggung, atau lengan, serta kelelahan, limbung, detak jantung abnormal, dan kecemasan.Wanita lebih cenderung memiliki gejala atipikal dibandingkan pria.Tapi tahu kah, menurut Heart Foundation, serangan jantung bisa diawali dengan kemunculan tanda peringatan yang jarang diketahui.Padahalk jika tand aitu muncul dan kita tahu itu sebuah pertanda akan terjadi serangan jantung, penanganan dan pencegahan terjadinya serangan jantung bisa segera dilakukan.Hal tersebut tentu bisa sangat berpengaruh bagi kebaikan yang bersangkutan.Tanda awal serangan jantung tersebut adalah pandangan mata mulai kabur.

Baca Juga: Healthy Move, Teknik Pernapasan Ujjayi Breathing Membuat Tubuh Rileks Setelah Capek Berolahraga

Kondisi ini biasanya juga disertai dengan tubuh yang goyah dan ruangan terasa seperti berputar."(Saat tanda-tanda ini muncul) tubuh Anda mungkin sedang memperingatkan Anda mengenai serangan jantung yang akan terjadi," jelas Heart Foundation, seperti dilansir Express, Jumat (8/7/2022).Dikarenakan serangan jantung merupakan kondisi kedaruratan medis, penderitanya perlu mendapatkan pertolongan secara cepat.Jadi saat gejala awal serangan jantung muncul, baiknya pasien dibawa ke rumah sakit terdekat segera.Selain tanda awal serangan jantung, melasnir Kompas.com (23/03/2021) yang mengutup Health Line, berikut gejala serangan jantung yang harus diwaspadai sejak jauh-jauh hari.1. Nyeri dada, dada seperti ditekan, dada tidak nyamanKebanyakan orang dengan serangan jantung mengalami semacam nyeri dada atau ketidaknyamanan di dada.Orang-orang menggambarkan sensasi ini seperti perasaan seperti ada gajah berdiri di dada mereka.Sementara, beberapa orang tidak mendeskripsikan nyeri dada sebagai rasa sakit.

Baca Juga: Jangan Minum Minuman Manis Saat Mengonsumsi Daging Merah, Ini Efeknya

Sebaliknya, mereka mungkin mengatakan bahwa mereka merasakan dada terasa sesak atau tertekan.Jika mengalami nyeri dada atau sesak, sebaiknya segera menghungi nomor darurat medis terdekat.2. Lengan kiri tidak nyamanBanyak orang mengasosiasikan serangan jantung dengan rasa sakit yang menjalar ke lengan kiri.Bisa juga sensasi sakit muncul di lokasi tubuh; perut bagian atas, bahu, punggung, leher atau tenggorokan, gigi atau rahang.Menurut American Heart Association, wanita cenderung merasakan serangan jantung yang menyebabkan nyeri khususnya di perut bagian bawah dan dada bagian bawah.Nyeri punggung atas adalah gejala lain yang lebih sering dirasakan wanita daripada pria.3. Berkeringat banyak siang dan malamBerkeringat lebih banyak dari biasanya, terutama jika tidak berolahraga atau sedang beraktivitas juga bisa menjadi tanda peringatan awal masalah jantung.

Baca Juga: Cara Meracik Bawang Bombay Agar Bermanfaat Bagi Tubuh, Tidak Bisa Sembarangan

Jadi jika mengalami keringat dingin atau kulit lembap, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.Keringat malam juga merupakan gejala umum bagi wanita yang mengalami masalah jantung.Wanita mungkin salah mengira gejala ini sebagai efek menopause.Padahal basah kuyup atau tidak bisa tidur karena berkeringat, ini bisa menjadi tanda serangan jantung, terutama pada wanita.4. KelelahanKelelahan bisa menjadi tanda serangan jantung yang jarang dikenali pada wanita.Menurut American Heart Association, beberapa wanita bahkan mungkin mengira gejala serangan jantung mereka adalah gejala mirip flu.5. Sesak napasSesak napas terkadang bisa menjadi gejala yang menyertai kelelahan yang tidak biasa pada wanita.

Baca Juga: Cara Meracik Bawang Bombay Agar Bermanfaat Bagi Tubuh, Tidak Bisa Sembarangan

Beberapa wanita dengan masalah jantung melaporkan bahwa mereka akan mengalami sesak napas yang tidak biasa dan kelelahan karena aktivitas yang mereka lakukan.6. Pusing mau pingsanKepala terasa ringan dan pusing dapat terjadi dengan serangan jantung dan sering kali merupakan gejala yang digambarkan oleh wanita.Beberapa wanita melaporkan bahwa mereka merasa akan pingsan jika mereka mencoba untuk berdiri atau memaksakan diri.7. Palpitasi jantungPalpitasi adalah sebuah sensasi ketika jantung berdegup dengan kencang.

Baca Juga: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Menangis Menyaksikan Kondisi Prajuritnya Sertu Rizka, 10 Kali Operasi Kepala

Jantung dan tubuh mengandalkan detak yang konsisten dan mantap untuk menggerakkan darah ke seluruh tubuh.Jika detaknya keluar dari ritme, ini bisa menjadi tanda mengalami serangan jantung.Jantung berdebar-debar akibat serangan jantung bisa menimbulkan rasa tidak enak atau cemas, terutama pada wanita.

Beberapa orang mungkin menggambarkan palpilasi jantung sebagai sensasi saat jantung berdebar kencang di leher, bukan hanya di dada.Jika jantung berdebar disertai pusing, tekanan dada, nyeri dada, atau pingsan, itu bisa menjadi konfirmasi bahwa serangan jantung sedang terjadi.8. Gangguan pencernaan, mual, dan muntahSering kali orang mulai mengalami gangguan pencernaan ringan dan masalah pencernaan lainnya sebelum terjadi serangan jantung.Karena serangan jantung biasanya terjadi pada orang tua yang biasanya memiliki lebih banyak masalah pencernaan, gejala ini dapat dianggap sebagai heartburn atau komplikasi terkait makanan lainnya.Jika Anda biasanya memiliki perut yang sehat, gangguan pencernaan atau heartbun bisa menjadi sinyal bahwa sesuatu yang lain sedang terjadi: serangan jantung.Maka jangan ragu untuk berbicara dengan dokter jika mencurigai memiliki kondisi yang mengarah pada serangan jantung.(*)

Baca Juga: 4 Cara Menyembelih Hewan Kurban yang Benar, Berdampak ke Kesehatan Manusia