Find Us On Social Media :

6 Tanda Dini Serangan Stroke, Momentum Emas-nya Hanya 3 Jam Untuk Selamatkan Pasien

Serangan stroke bisa terjadi kapan saja, dimana saja, pada siapa saja. Tapi ketahuilah itu diawali tanda-tanda stroke terlebih dahulu. Ini kunci keselamatan pasien stroke.

GridHEALTH.id - Deteksi dini gejala stroke wajib diketahui oleh kita semua.

Sebab stroke bisa dialami oleh siapa saja.

Selaun itu, gejala stroke adalah masa emas untuk pertolongan pertama pada pasien stroke, supaya terhindar dari komplikasi.

Ketahuilah, menurut WHO, Stroke adalah suatu keadaan dimana ditemukan tanda-tanda klinis yang berkembang cepat berupa penurunan fungsi otal baik fokal maupun global, yang dapat memberat dan berlangsung selama 24 jam atau lebih.

Stroke terjadi apabila pembuluh darah otak mengalami penyumbatan atau pecah, sehingga sebagian otak tidak mendapatkan pasokan darah yang membawa oksigen yang diperlukan.

Sehingga mengalami kematian sel/jaringan.

Nah sampai sini kita harusnya paham jika stroke merupakan penyakit yang menyebabkan kematian kedua di dunia.

Penting juga dikatehui, melansir artikel Rochma Dwi Rahayu, KFK Gawat Darurat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, dari laman sardjito.co.id (31/12/2021), angka kematian akibat stroke mencapai 21,1% di Indonesia (Balitbangkes 2014).

Bahkan stroke juga menjadi penyebab utama kecacatan pada dewasa.

Baca Juga: Anak Sembelit Tak Sembuh-sembuh, Ini yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Orang Tua

Tanda-tanda StrokeBeberapa tanda dan gejala yang muncul akibat serangan stroke adalah kelemahan pada wajah, tangan, atau kaki terutama pada sesisi bagian tubuh, gangguan bicara, rabun, sakit kepala, pusing, vertigo, dan kehilangan keseimbangan.

Agar penanganan stroke dapat optimal, masyarakat perlu memahami bagaimana cara mengenali gejala stroke sejak dini.